mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Semprotan Sakit Gigi Dapat Digunakan Dalam Perawatan Gigi Sensitif

Perawatan Gigi Oleh Tenaga Medis
source: freepik.com

Sakit gigi bisa membuat aktivitas menjadi terganggu, tak heran jika kamu akan segera mencari obat untuk mengatasinya. Namun, jika biasanya kamu memilih obat yang diminum, sekarang ada Semprotan Sakit Gigi yang bisa menjadi alternatif, lho.

Semprotan Sakit Gigi mungkin belum terlalu umum digunakan, tapi ini bukan berarti ia tidak ampuh mengatasi sakit gigi.

Faktor utama masalah gigi dan mulut adalah bakteri atau kuman-kuman yang tidak dibersihkan sehingga menyebabkan gigi infeksi dan mungkin perlu dicabut. Hal ini menyebabkan gusi membengkak untuk sementara waktu sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti makan.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menemui dokter gigi dan melakukan perawatan gigi. Selain itu, dokter gigi mungkin juga akan meresepkan Semprotan Sakit Gigi untuk meredakan rasa sakit yang mengganggu ini.

Atau bisa menggunakan obat berbentuk spray yaitu Cooling5 Plus yaitu obat topikal yang dirancang khusus untuk mengurangi rasa sakit pada gigi dan gusi. Cooling5 Plus beke

rja melalui mekanisme yang mencakup anestesi lokal, antiinflamasi, desensitisasi dan pengendalian bakteri. 

Obat ini memiliki kandungan Benzocaine 3 mg dan Phenol Crystal 5 mg yang ampuh mengatasi nyeri dengan cepat. Cara penggunaannya juga mudah, tinggal semprotkan Cooling 5 Plus sebanyak 2-3 semprot ke arah gigi/gusi yang sakit, dan dapat diulang setiap 3-4 jam.


Fungsi Semprotan Sakit Gigi, yaitu :

Sakit pada gigi sering kali disebabkan oleh bakteri mulut yang membuat gigi dan mulut mengalami infeksi. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri yang disertai sakit kepala, pembengkakan, dan kesulitan untuk makan. Untungnya, tersedia Semprotan Sakit Gigi untuk mengatasi gejala tersebut.

Untuk mencegah dan meredakan gusi membengkak dokter biasanya akan merekomendasikan obat semprot gigi golongan antiseptik. Sementara itu, untuk meredakan rasa sakit pada gigi, dokter akan merekomendasikan obat golongan anestesi.

Kegunaan Semprotan Sakit Gigi hampir sama dengan obat sakit gigi biasa. Mulai dari mengurangi rasa sakit akibat luka minor pada mulut, gusi, maupun gigi, sampai membuat gusi mati rasa saat pemasangan gigi palsu.

Dilansir dari webmd.com, obat ini bersifat seperti anestesi lokal. Jadi ketika ia disemprotkan pada mulut, maka 15 sampai 30 detik saja, kemudian mulut akan mati rasa selama sekitar 15 menit. Obat ini tidak disarankan untuk dipakai oleh anak-anak dan dalam jangka waktu terlalu lama.


Kelebihan Semprotan Sakit Gigi dibanding yang diminum, yaitu :

Meski keduanya memiliki manfaat yang hampir sama, namun Semprotan Sakit Gigi yang satu ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan yang diminum langsung yaitu lebih efektif jika dipakai untuk menangani rasa sakit pada bagian mulut atau gigi yang spesifik. Misalnya, untuk membantu pemulihan gusi setelah melakukan operasi gigi. Tak hanya itu, obat ini juga biasanya memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membuat pemakainya terhindar dari bau mulut.


Pemeriksaan Gigi

Source : www.freepik.com 


Cara Menggunakan Semprotan Sakit Gigi

Disarankan untuk selalu membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan Semprotan Sakit Gigi, seperti :

  • Pastikan mengetahui letak gigi atau gusi yang terasa sakit

  • Jauhkan botol obat gigi semprot sejauh kurang lebih 15 cm dari bagian yang ingin disemprot

  • Bila tidak memungkinkan, bisa menyemprotkan pada tangan, kemudian dioleskan ke tempat yang terinfeksi

  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman selama satu jam setelah Semprotan Sakit Gigi digunakan

  • Hindari menyemprot ke bagian tubuh yang sensitif, seperti mata

  • Jangan menggunakan Semprotan Sakit Gigi melebihi dosis yang dianjurkan

  • Simpan Semprotan Sakit Gigi ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak


Disarankan untuk tidak menyemprot obat gigi bersamaan dengan waktu menyikat gigi. Berdasarkan studi yang dimuat dalam Journal of Dentistry, penggunaan chlorhexidine sebaiknya dilakukan dua jam setelah sikat gigi. Pasalnya, chlorhexidine dapat berinteraksi dengan kandungan pasta gigi, seperti SLS dan sodium monofluorophosphate yang dapat menurunkan manfaat fluoride untuk kesehatan gigi.

So, jika sakit pada gigi mu sudah terlalu parah, langsung kunjungi dokter gigi terdekat dan temukan Semprotan Sakit Gigi secepatnya.



Related Posts
Newest Older

Related Posts

11 comments

Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)