mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Belajar Page View Blog

 
Page View Blog

Pada tanggal 25 - 27 Oktober kemarin saya berkesempatan mengikuti Webinar Marathon Coaching Growthing.id. Ini adalah kesempatan yang membuat saya sangat bersyukur karena bisa belajar tentang hal-hal baru, khususnya yang berhubungan dengan blog. Di hari pertama coaching. Materi yang dibahas adalah Bongkar Rahasia Page View Blog. Sebagai seorang newbie, ini membuat saya sangat exited. Hehe

Marathon Coaching Blog



Materi tentang Page View Blog ini disampaikan oleh Mbak Rini Novita Sari. Beliau adalah sebuah blogger di halaman www.celotehdinihari.com. Beliau blogger dengan segudang achievement, semakin memotivasi untuk belajar lebih lanjut.


Dari sejak melihat e-flyer kemudian mendaftar untuk ikutan acara ini, saya udah kepengen banget belajar, karena masih banyak hal yang belum saya ketahui.


Dalam artikel saya ini, saya ingin mencoba merangkum apa yang saya dapatkan, sebagai sarana pengikat ilmu.


The Problems


Sebelum kita melangkah lebih lanjut, kita memulai dari yang paling dasar. Ada berbagai permasalahan mengapa halaman blog kita ini sepi pengunjung.


Secara awam, saya bertanya kepada diri sendiri, apakah tema tulisan saya kurang menarik? Apakah ada yang salah dengan blog saya?


Beberapa kendala yang dihadapi kaitannya dengan Page View antara lain:

  • Blogger masih mengabaikan jumlah page view/traffic blog
  • Blogger masih belum memahami apa manfaatnya menaikkan page view?
  • Blogger masih belum mengetahui bagaimana cara meningkatkan pageview?
  • Blogger hanya fokus ke Authority, tapi melupakan optimasi.


Jujur saja, keempat poin diatas saya mengalaminya diawal memulai ngeblog. Sebagai blogger yang memulai secara otodidak, sebelum mengikuti beberapa kelas nge-blog secara serius. Poin-poin diatas memang belum terpikir oleh saya.


Saat memulai ngeblog,yang saya tahu hanyalah menulis, menulis saja. Apa saja yang kamu sedang pikirkan, ide apa saja yang terlintas ditulis saja. Saya belum terpikir, apakah tulisan saya ini ada yang membaca? Sama sekali nggak terpikir oleh saya waktu itu, hehe.


Nah, setelah kita mengidentifikasi permasalahannya, kita mencoba membahasnya satu per satu, untuk mendapatkan solusi dari permasalahan ini.


Istilah Umum Dunia Blog


Untuk dapat mengelola blog dengan lebih baik, kita sebaiknya memahami beberapa istilah umum yang digunakan dalam dunia blog.


  • User/visitor: orang yang berkunjung ke blog kita
  • UV/Unique Visitor: pengunjung yang mana kedatangannya ditentukan oleh IP Address, browser dan cookies yang tersimpan di setiap browser. UV ini adalah pengunjung blog yang lebih dari sekali berkunjung ke laman blog anda. Pengunjung yang hanya berkunjung satu kali saja, disebut visitor. Semakin banyak UV, semakin baik perkembangan blog tersebut.
  • PV/Page View: tayangan halaman yang muncul di browser setiap pengunjung meng-klik satu tautan tertentu (halaman yang dibuka)
  • Bounce Rate: presentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan, seperti mengeklik link.


Page View

Sebenarnya apa sih page view itu?

Page view adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog atau visitor. Misal seseorang membuka laman blog anda sebanyak 3 kali, maka pageview blog anda adalah 3 tayangan.


Semakin tinggi jumlah page view, berarti semakin bagus pula kualitas blog anda, karena disukai oleh para pengunjung, hal ini bagus bagi perkembangan blog anda.


Pentingnya Menaikkan PV

Setelah kita mengetahui definisi dari page view, kita kemudian akan bertanya, fungsinya PV ini apa sih? Apakah untuk info pribadi saja atau ada kaitannya dengan hal lain?

  1. PV tinggi harapan semua pejuang adsense. Jika dilihat dari segi finansial, semakin tinggi page view web anda semakin tinggi pendapatan yang anda dapat dari iklan. Sebagian besar pengiklan melihat page view web anda. Karena page view ini korelasinya dengan seberapa sering konten anda dilihat orang.
  2. Meningkatkan conversion rate. Conversion Rate atau tingkat konversi adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis dari kunjungan website
  3. Page view tinggi menandakan blog dan kualitas konten berkualitas
  4. Semakin baik dan berkualitas konten blog anda, semakin membuat pengunjung blog untuk membaca halaman lain dari blog anda, mereka akan berlama-lama berada di halaman blog anda, karena menikmati apa yang anda sajikan dalam halaman blog.
  5. Meningkatkan rate card kita. Page view yang tinggi sebagai parameter bahwa suatu blog tersebut mempunyai banyak kunjungan oleh unique visitor, semakin tinggi PV maka semakin banyak orang yang dapat dijangkau oleh blog tersebut. Pengiklan melihat ini sebagai peluang untuk mendapatkan lebih banyak convertion rate, dan hal ini pula yang bisa menjadikan rate card seorang blogger meningkat.
  6. Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama. Para pengiklan melihat page view sebagai parameter dalam menilai kualitas blog yang akan dia ajak kerjasama. Semakin tinggi page view kita, semakin banyak peluang yang masuk kepada kita.

 
Wow, ternyata banyak juga ya, manfaat yang didapat jika kita mencapai page view yang tinggi. 

Page view yang tinggi adalah dambaan para blogger, tujuan utama mencapai ini pastinya  agar pesan yang ingin disampaikan melalui tulisannya dapat menjangkau lebih banyak orang.

Akh, semakin semangat untuk belajar membuat konten yang positif, bagus, agar mendapat page view yang tinggi!


Cara menaikkan Page View

Semakin kesini, semakin penasaran bagaimana sih caranya punya page view yang tinggi?

Saya yakin mencapai page view yang tinggi itu bukanlah pekerjaan yang selesai dalam semalam, bukan sulap, saya yakin ada proses panjang yang harus dilalui seorang blogger untuk mendapatkannya.

Sebuah proses itu tidak akan tercapai jika tidak dimulai dari langkah awal, kita pelajari yuk bagaimana cara menaikkan page view.


1. Melakukan riset keyword
  • Menggunakan intuisi atau feeling
  • Menggunakan google keyword planner
  • Menggunakan keyword finder
  • Menggunakan neilpatel
2. Menulis Artikel dengan memperhatikan SEO dan Human friendly
11 parameter seo friendly adalah:
  • Bahasa yang nyaman
  • Keyword yang tepat
  • Judul berisi keyword
  • Memperhatikan url
  • Memperhatikan jumlah kata
  • Penempatan keyword dan LSI
  • Jumlah keyword
  • Heading subheading
  • Link internal dan eksternal
  • Optimasi gambar
  • Meta deskripsi
3. Link Building
Link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link ke website anda
 
4. Membuat artikel trending, dengan bantuan google trends
5. Mengikuti blogwalking
6. Optimasi pagespeed
7. Desain blog yang menarik dan navigasi jelas
8. Kulik dengan Google search console
9. Kulik Google Analytics


Nah kan, banyak proses untuk mencapai page view yang tinggi. Dengan mengetahui kiat-kiat ini diharapkan saya dapat mengaplikasikannya dalam proses penulisan artikel selanjutnya.


Job Blogger

Blogger tidak jarang mendapatkan job dari brand tertentu untuk menjalin kerjasama. Dalam menentukan partner kerjasama, klien melihat beberapa penilaian.


Indikator penilaian klien terhadap blog untuk diajak kerjasama antara lain:
  1. DA & DR
  2. PV & UV
  3. Komen atau interaksi blog
  4. Keaktifan blog/jumlah indexing
  5. Tampilan blog
  6. Konten dan gaya tulisan
  7. Foto/infografis
  8. Engagement sosmed
  9. Kesesuaian konten blog dengan produk milik klien

Banyak ilmu, informasi dan tips yang disampaikan di pertemuan pertama Webinar Marathon Coaching Growthing.id ini.


Banyak poin yang menjadi bahan koreksi bagi saya dalam proses menjadi seorang blogger untuk belajar page view blog. Satu per satu insya Allah akan saya perbaiki, semangat!


Related Posts

Related Posts

Post a Comment