mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Counting Down to 2021



counting down
Malam Pergantian Tahun Baru 2021



Malam tahun baru 2021 pada ngapain nih? Tahun ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya ya? Bagaimana nih acara counting down to 2021 di daerahmu?



Saya flashback dulu di beberapa tahun ke belakang. Setiap malam tahun baru di kota saya, Yogyakarta selalu menjadi hari yang sangat padat dan ramai. Pergi bersama teman dan keluarga menuju tempat keramaian untuk menyaksikan malam pergantian tahun dengan perayaan kembang api menjadi suatu kebiasaan saya sejak masa sekolah.



Sejak dulu saya sering sekali pergi bersama teman-teman untuk menyaksikan malam pergantian tahun di beberapa tempat di sekitar rumah saya. Saya tinggal di daerah Depok, Sleman. Di daerah sekitar saya seringkali diadakan berbagai acara perayaan pergantian tahun secara besar-besaran. Di area kampus, hotel, mall dan area titik kumpul lainnya.



Mengunjungi tempat-tempat tersebut di malam pergantian tahun menjadi hal yang kami tunggu setiap tahun bersama teman-teman. Menyaksikan pertunjukan musik, yang diakhiri dengan pesta kembang api di detik-detik pergantian tahun. Hal ini berlangsung sejak saya kecil hingga dewasa (boleh dibaca tua, hahaha).



Tempat yang paling sering saya datangi di malam pergantian tahun adalah Titik Nol KM Yogyakarta. Titik Nol KM Yogyakarta ada di persimpangan jalan sekitar Malioboro, Kraton Yogyakarta, Gedung Agung dan Benteng Vredeburg Yogyakarta.



Titik Nol KM Yogyakarta menjadi salah satu pilihan tempat untuk merayakan pergantian tahun warga masyarakat. Pilihan lain tentunya banyak seperti Tugu Yogyakarta, Kaliurang, Pantai Parangtritis, Hotel, Mall dan panggung hiburan yang tersebar di beberapa titik di Yogyakarta.



Kemeriahan pesta pergantian tahun biasanya sudah terasa sejak awal Desember. Ada banyak iklan di berbagai media tentang acara ini. Biasanya kami sudah merencanakan dari jauh hari, mau kemana di malam tahun baru ini.




The Crowd

 

Titik Nol Kilometer Yogyakarta
Titik Nol Kilometer Yogyakarta



Mendengar kalimat tahun baru, dibayangan saya adalah terompet, kembang api, jalan macet dan berdesak-desakan. Kira-kira seperti itulah yang saya alami setiap malam tahun baru.



Dari rumah ke Tugu Yogya atau ke Titik Nol Yogya yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan menggunakan motor, di malam tahun baru perlu 3-4 jam jika benar-benar tangguh mau menembus kemacetan.



Jika kita start dari rumah melebihi isya aja, akan menemui macet dan pengalihan jalan di beberapa titik. Jalan alternatif atau yang biasa kita kenal dengan jalan tikus pun akan penuh sesak.



Ada beberapa kiat yang kita lakukan saat akan menuju venue outdoor acara pergantian tahun.



  1. Berangkat lebih awal, agar mendapat tempat parkir yang dekat dengan lokasi acara dan belum terlalu padat jalan dan pengunjungnya.
  2. Gunakan pakaian casual dan nyaman. Pakaian casual di kamus pribadi saya adalah celana jeans, kaos dan jaket, hehe.
  3. Pakai sepatu yang nyaman. Bisa sih sebenernya pakai sendal, namun saya lebih nyaman pakai sepatu. Saat orang berdesak-desakan mencari jalan, biasanya ada insiden terinjak kaki orang, nah saya pernah merasakan sakitnya kaki terinjak di kerumunan, setelah itu saya memilih memakai sepatu, hehe.
  4. Bawa tas kecil untuk menyimpan berbagai keperluan, seperti dompet, handphone, powerbank, botol minum dan keperluan lainnya. Jika lokasinya sudah sangat padat, ubah posisi tas di tempat yang aman, misal di dekapan. Seperti kita tahu, biasanya di acara kerumunan seperti ini ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi.
  5. Jangan berangkat sendiri. Kalau datang ke acara outdoor yang gratisan begini, sebaiknya datang bersama teman, minimal berdua, bagus lagi ber-banyak, hehe. Selain menjadi lebih seru, ini juga meminimalisasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Jika kita datang bersama teman, kita akan saling mengingatkan dan menjaga jika kondisi sudah sangat crowded.


Begitulah kira-kita kiat kalau kita akan mendatangi venue outdoor di malam pergantian tahun.


Malam Tahun Baru 2021


Malam tahun baru kali ini terasa sangat berbeda. Tidak hanya karena tahun baru ini saya berada di Magelang, kota suami saya, namun dari hasil pengamatan dan informasi dari teman dan saudara di Yogyakarta dan sekitarnya keadaan tidak jauh berbeda.


Terompet

Para penjual terompet biasanya sudah mulai berkeliling sejak jauh hari sebelum malam pergantian tahun. Biasanya kita melihat ada bermacam jenis terompet model baru tiap tahun. Bagaimana dengan tahun ini?


Sepanjang laporan suami saya yang berkeliling kota magelang siang tadi, dia hanya melihat 1 orang ibu yang membawa terompet, suami saya pun berkelilibg mencari penjualnya di sekitar magelang kota, namun tidak bertemu.


Cerita yang sama saya dapati dari mbak kandung saya, dia berkeliling di sekitar rumah yang biasanya penjual terompet berjejer, ini sama sekali tidak ada.


Panggung hiburan terbuka


Sama sekali tidak ada panggung terbuka di Magelang malam ini, hal yang sama terjadi di sekitar rumah saya di Yogya. Ini sejalan dengan himbauan dari pemerintah untuk menghindari kerumunan untuk menghambat penyebaran covid-19.


Hujan


Ini kerap terjadi di malam tahun baru. Malam tahun baru kali ini hujan deras di Magelang sejak siang, begitu juga yang terjadi di sekitar rumah saya di Yogya.


Di tahun sebelumnya, hujan sepertinya tidak menjadi halangan bagi para warga untuk menghadiri acara pergantian tahun. Namun tahun ini, hujan membuat para warga semakin yakin untuk stay at home mematuhi himbauan pemerintah untuk tidak berkerumun. Terimakasih hujan :)



Kembang Api

Ini yang saya belum tahu apakah Mall atau hotel masih menyalakan kembang api atau tidak nanti malam di detik pergantian tahun.


Di beberapa kampus dan hotel di sekitar saya. Meskipun mereka tidak mengadakan acara khusus , namun ada yang secara tutin menyalakan kembang api di detik detik pergantian tahun.


Malam ini, entahlah, apakah mereka akan tetap melaksanakan atau tidak. Let's see. :)



Counting Down to 2021

doa malam tahun baru
Malam Tahun Baru 2021


Ada banyak cerita dari kisah perayaan pergantian tahun yang saya alami di tahun-tahun yang lalu. Tahun ini benar-benar menjadi malam pergantian tahun yang sangat berbeda. Tahun ini tidak ada acara pergi ke luar rumah.
 
 
Malam tahun baru ini kita atau saya pribadi seperti diberikan kesempatan untuk lebih merenungi apa yang telah saya jalani di tahun 2020 untuk dapat belajar menjadi lebih baik lagi di tahun 2021.



Doa saya setiap malam tahun baru tetaplah sama, Ya Allah terimakasih atas semua hal yang telah Engkau berikan di tahun ini. Suka dan duka adalah paket komplit yang memberikan pelajaran dalam kehidupan saya. Semoga di tahun depan kami bisa menjadi manusia lebih baik. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala hal yang kita jalani.




Bagaimana dengan perayaan malam tahun baru 2021 di daerah kamu? Let's counting down to 2021 !













Related Posts

Related Posts

Post a Comment