mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

SSC (soft structured carrier), Gendongan Paling Disukai!

 

 
Dwi Sumartini - ssc nana babycarrier size standart

“Apa sih gendongan favorit kamu?”

Sampai saat ini jawaban yang paling sering saya dengar adalah SSC ! 😍

“Kenapa sih?

Saat aku menanyakan itu, beragam jawaban dari para penggendong, antara lain :

  • Praktis , tinggal ceklek!

  • Gak pegel

  • Bisa gendong sambil ngerjain yang lain (ibu-ibu banget nih, hehe)

  • Suami saya bisanya gendong pake ssc.

  • Bisa buat gantian sama ayahnya, nenek, kakek & tantenya

Dan masih banyak lagi jawaban senada.


Jawaban jujur dari para pemakai ssc ini yang dulu juga saya rasakan saat menjadi pengguna ssc, mungkin juga dirasakan oleh banyak orang lainnya. 


Dwi Sumartini - ssc andrea size standart
 
Praktis
Ssc memang sangat praktis penggunaannya, cara memakainya dengan memasang buckle di waistpad, memasukkan anak di gendongan dan memasang back strapnya.
 
Gak pegel
Gendongan ini mendistribusikan berat bayi secara merata di atas kedua bahu dan pinggul orang tua. 

Bisa handsfree
Saat memakai ssc dengan settingan yang tepat, akan memungkinkan penggendong untuk handsfree, bisa melakukan pekerjaan ringan yang lain sambil menggendong, misal sambil menyapu.

Adjustable
Tali pengikat (straps) dapat disesuaikan untuk dipakai semua ukuran orang tua dan bayi. Gendongan ini bisa dipakai bergantian oleh anggota keluarga yang lain saat mengasuh si bayi, karena bisa disesuaikan.

anatomi ssc zakkel size toddler

Masalah dalam penggunaan SSC


SSC ini memang praktis dalam penggunaannya, namun masih banyak lho yang belum tepat dalam penggunaannya. Penggunaan yang belum tepat ini dapat berakibat banyak hal. Misalnya membuat cepat merasa pegal, ada yang merasa tercekik backstraps, dan ada yang nyeri punggung. Ada juga yang belum tepat dalam memilih size untuk anaknya. pernah juga saya melihat ssc yang seharusnya diperuntukkan untuk menghadap penggendong dan gendong belakang, namun digunakan untuk hadap depan. Dan masih banyak permasalahan lainnya. 😉
 
Dwi Sumartini - Kulwap SSC Babywearing Community
 

 
Buat temen-temen yang mau sharing tentang gendongan sejuta umat ini, gabung yuk di acara yang diselenggarain Klaten Babywearers ini. Kita bakal ngobrol bareng tentang SSC. 
Kita akan ngobrol tentang kriteria dasar menggendong, cara memilih gendongan, anatomi ssc, jenis ssc, safety, posisi optimal menggendong, teknik menggendong, postur menggendong dan troubleshooting ssc. 
Banyak yaah?! 
 
 
Jangan lupa gabung yah, kita belajar bersama. See you!😘


Related Posts

Related Posts

12 comments

  1. wah, anak-anakku udah toddler....udah gak pake lagi gendongan bayi. tapi emang ya dulu waktu anak-anakku masih bayi, segala inovasi gendongan ini ada. dari yang simple sampai yang banyak jetrek-annnya. sekarang ada pula yang dudukan pantatnya berbantal. jadi bayi kaya yang duduk gitu, gak sakit ke selangkangan. hebat bener.

    cocok nih acaranya buat yang mau punya baby. sukses ya kak

    ReplyDelete
  2. Makasih kak buat infonya. Aku jadi tau apa itu SSC. Menurutku cara gendong ini juga yang paling oke ketimbang yang memposisikan si anak menghadap ke depan. Kalo ngadep ke badan kita, si anak kan jadi merasa dipeluk gitu ya ga si? heheh Jadi ada bahasa kasih yang dirasakan si anak saat digendong dgn cara SSC ini hehe

    ReplyDelete
  3. Duh, aku ketinggalan kulwapnya nih, huhu..
    Aku lebih suka pake gendongan model gini sih, lebih praktis, dan cocok buat aku yang nggak suka ribet, hehe..

    ReplyDelete
  4. Waaa jadi penasaran sama SSC ini. Temenku kapan hari juga cuap-cuao soal ini dan ada pelatihannya persis seeperti yang mba tulis. Aku save yaa mba.

    ReplyDelete
  5. Gendongan kayak gini ini jadi favorit banget semasa perlu gendong anak. Jadi keinget, dulu pas ngajar aja saya gendong anak pake gendongan beginian, dari mulai kelas mulai sampai selesai dia masih tertidur dengan pulas di gendongan kanguru itu. Jadi kangen masa2 menggendong begitu, haha

    ReplyDelete
  6. Hallo Kak Dwi, wahhh ternyata jebolan Trageschule Dresden. Berapa lama dulu di Jerman kak?
    Keren kak, pas pulang ke Indonesia, mengedukasi masyarakat Indonesia dengan Babytrage dan juga Tragetuch.

    ReplyDelete
  7. Wah informatif sekali kak tulisannya. Aku sangat tertarik yang beginian meski belum menikah hahah

    ReplyDelete
  8. Ini menjadi note siapa tahu punya anak lagi hehe. Dulu emang kalaunurusan menggendong itu cukup melelahkan wkwk. Apalagi karena kami dapat hadiah gendongan sampai 4 buah, jadi gak ada rencana beli merk lain, make yang ada aja. Pengen belajar gendong pakai kain belum bisa2 wkwkw

    ReplyDelete
  9. Halo mbak, kalau ada colek-colek ya heehhe klewat nih aku juga pengen ntar kalau ada anak punya gendongan macam ini. Temenku ada yang jadi member babywearing juga lho di Pemalang sini.

    ReplyDelete
  10. kalau saya suka pakai gendongan biasa haha. kadang juga suka sih gendongan duduk gitu, tapi kadang neken perut sakit. keknya aku harus ikutan kulwapnya nih biar tahu lebih lanjut tentang gendongan SSC ini.

    ReplyDelete
  11. Dulu waktu anak anak masih baby nyoba pake ini juga, praktis sih kalo buat jalan jalan Tapi buat aku kok nyaman pake gendongan hihi

    ReplyDelete
  12. Dulu sekutar 4 tahun lalu blm ngerti sm bbw ini...tapi udh tau gendongan ergo yg kw wkwkkw parah ya

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)