mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Blogger Content Planner

Blogger Content Planner
Blogger Content Planner




Sebagai seorang blogger newbie, saya tentu ingin blog saya berkembang pesat dalam memberikan manfaat bagi pembaca. Namun seiring berjalannya waktu, ada beberapa kendala yang saya alami, seperti kehabisan ide, topik, terbatasnya waktu dan jadwal posting yang tidak teratur. Alhamdulillah saya berkesempatan belajar mengenai blogger content planner di kelas blog yang saya ikuti.



Content Planner ini sebenarnya diperlukan tidak hanya oleh blogger, namun juga oleh semua content creator di berbagai media seperti youtube, twitter, instagram, facebook, website dan media lainnya. Apapun media yang anda pakai, anda membutuhkan perencaraan.



Pekerjaan yang baik, tanpa perencanaan, akan jadi sulit.

Perencanaan yang baik, tanpa pelaksanaan, akan jadi arsip.

~ Jusuf Kalla




Content Creator


Content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi yang ada di media, terutama media digital - State of Digital Publishing



Menurut wikipedia, content creator adalah kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu. Bentuk content creator ini termasuk memelihara dan update website, blogging, menulis artikel, fotografi, videografi, komentar daring, pemeliharaan akun media sosial , dan pengeditan dan distribusi media digital.



Content Planner



Perencanaan konten menjadi sangat penting jika kita telah berkomitmen untuk mencapai goal kita sebagai content planner. Dengan memiliki content planner kita akan terhindar dari permasalahan seperti kehabisan ide, konten yang tidak terstruktur dan terbengkalainya akun media sosial kita karena tidak ada konten yang di posting dalam jangka waktu lama.


Blogger Content Planner



Blogger Content Planner ini dapat diartikan sebagai agenda nge-blog yang berisi perencanaan dalam kurun waktu tertentu, yang berisi tentang ide, tema, draft, sumber informasi yang diperlukan, internal dan eksternal link, jadwal publish, evaluasi dan hal lain yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan dan kemajuan blog kita.


Blog plan membantu kita mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam nge-blog dan juga blog plan membantu kita untuk tetap stay on the line dengan niche yang telah kita tetapkan. Tidak jarang kita yang telah menentukan niche blog tertentu, namun malah postingan kita di dominasi oleh artikel yang sama sekali tidak berkaitan dengan niche yang kita tentukan. Blog plan disini berperan seperti sebuah map/peta dalam sebuah perjalanan, agar tidak membuat kita tersesat dari tujuan utama.


Manfaat Blogger Content Planner



Ada begitu banyak manfaat blog plan, antara lain:


  1. Membantu pola dan konsistensi dalam publish artikel. Hal ini membuat blogger menjadi lebih disiplin dalam menulis.
  2. Keseimbangan konten blog. Hal ini membantu blogger menjaga konten blog agar lebih bervariasi, tidak monoton atau hanya di dominasi oleh artikel berbayar.
  3. Menyediakan konten yang ditunggu pembaca. Membuat blog plan membuat kita mempunyai waktu untuk melakukan research keyword, yang berarti membuat kita menampilkan konten yang sedang banyak dicari oleh pembaca.
  4. Special moment. Dengan blog plan kita dapat mempublish suatu tema yang sesuai dengan moment special seperti, hari kemerdekaan, hari ibu, tahun baru atau hari peringatan spesial lainnya.
  5. No more out of ideas. Dengan blog plan, kita akan terhindar dari kehabisan ide penulisan, karena dalam proses pembuatan content planner membiasakan kita untuk listing ide, dan membuat skala prioritas, ide yang mana dulu yang akan kita eksekusi untuk menjadi sebuah konten.
  6. Saving Time. Dengan membuat blog plan akan membantu kita menghemat waktu dalam proses penulisan artikel, karena kita telah mempunyai daftar konten untuk jangka waktu tertentu.
  7. Evaluasi. Dengan blog plan akan membantu kita dalam evaluasi perkembangan blog kita.


Masih banyak manfaat dari pembuatan blogger content plan ini. Untuk dapat lebih banyak merasakan manfaatnya, yuk kita mulai mempraktikkan membuat blogger content planner.


Media Pembuatan Blogger Content Planner



Ada berbagai media untuk menuangkan blog plan kita, yaitu:


  • Manual

Blog plan dapat kita tulis manual di buku tulis ataupun blog planner yang kita buat sendiri di buku.



  • Printable

Kita dapat membuat template blog plan menggunakan aplikasi seperti canva, photoshop dan aplikasi lainnya, kemudian kita cetak yang kemudian kita pergunakan untuk menuliskan blog plan. Namun saat ini banyak website yang menyediakan printable blogger content planner yang dapat kita unduh gratis, di mesin pencarian dapat kita “printable blog planner”.


  • Digital

Saat ini kita dimudahkan dengan banyaknya aplikasi di smartphone yang dapat kita pergunakan untuk membuat blog plan. Beberapa aplikasi yang dapat gunakan antara excell dan beberapa aplikasi di android dan ios anda.


Jenis Blogger Content Planner


Jika ditinjau dari kurun waktunya, ada 4 jenis blog plan, yaitu:

  • Yearly Plan

Yaitu sebuah perencanaan yang ingin dicapai dalam kurun waktu satu tahun kedepan.

Berikut adalah contoh yearly plan blog saya di tahun 2021.


Blog Plan Yearly
Blog Plan Yearly



  • Monthly Plan


Adalah sebuah perencanaan konten blog dalam kurun waktu sebulan, selain menuliskan perencanaan kita juga dapat menuliskan pencapaian blog kita, sebagai bahan evaluasi.


Dalam monthly plan kita dapat membreakdown planning tahunan ke dalam rencana bulanan, mencatat tanggal penting di tiap bulannya, kaitannya untuk membuat konten sesuai moment special tersebut.


Berikut adalah contoh monthly plan blog saya


Blog Planner Monthly
Blog Plan Monthly


Blog Post Ideas Monthly
Blog Post Ideas Monthly





Blogger planner
Blog Stats




  • Weekly Plan

adalah perencanaan konten blog dalam kurun waktu mingguan.

 

 

Blog Plan Weekly
Blog Plan Weekly



  • Daily Plan

Adalah perencanaan yang lebih rinci, hasil dari breakdown weekly plan. 


Outline Artikel dalam daily planner
Outline Artikel dalam daily planner





Dengan merancanakan segala sesuatunya dengan lebih matang, akan membuat performa blog kita menjadi lebih baik. Blogger content planner ini menjadi salah satu tools yang membantu blogger dalam mempertahankan konsistensi ngeblog dan dapat menjadi evaluasi atas pencapaian dan apa yang perlu diperbaiki dalam membuat konten. Masih banyak yang perlu saya pelajari dalam pembuatan blogger content planner ini, jika teman-teman berkenan berbagi informasi dalam pembuatan blog plan, akan saya terima dengan senang hati. Semangat nge-blog teman-teman!














Related Posts

Related Posts

8 comments

  1. yearly blog plan nya bagus mba desainnya

    ReplyDelete
  2. Kusukaa sama desain blogger content planner nyaa.
    Rapi, pilihan warnanya juga cuakeeppp 😍😍

    Semangat buat ngonten dan ngeblog nya mba Dwi 😊

    ReplyDelete
  3. kenapa gemes banget desainnya mbaa~ huhuhu suka banget Ya Allah, kalau mampir kesini suka salfok sama templatenya :' maa syaa Allah, baarakallah ya mba Dwi

    ReplyDelete
  4. Thank you sharingnya mba! Makin semangat ngeblog aku nih hehehe 😊

    ReplyDelete
  5. Gemesnya, content plannya itu lho... Tapi banget.

    ReplyDelete

  6. Dicetak aja itu content plannernya, bagus kayaknya

    ReplyDelete
  7. Bagus banget ada Blooger Content Planner. Terima kasih tipsnya, akan saya terapkan. Semangat dan sekali lagi, terima kasih atas ide blogger content Planner yang keren. Sharing Idea yang bagus.

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)