mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Self-Love di Drakor "True Beauty"

Drakor "True Beauty"
Drakor "True Beauty"



Udah pada nonton “True Beauty” belum nih? Korean drama yang tayang menggantikan slot “The Tale of The Nine Tailed” ini tayang sejak 9 Desember 2020 di TvN setiap hari Rabu dan Kamis ini ternyata seru loh buat di tonton.



Moon Ga-young, Cha Eun-woo, Hwang In-yeop dan Park Yoo-na berperan sebagai pemain utama di drama “True Beauty” ini. Pada nggak asing dong ya dengan nama-nama ini? Mereka sering memerankan berbagai tokoh dalam drama Korea.


Drama “True Beauty” ini diangkat dari webtoon yang berjudul True Beauty/The Secret of Angel/Yeoshingangrim yang ditulis oleh penulis muda asal Korea Selatan bernama Yaongyi. Webtoon yang pertama kali dirilis pada bulan April 2018 ini sangat populer di berbagai negara bahkan di Eropa dan Amerika, dengan pencapaian lebih dari 4 juta pembaca. Tidak heran mengapa drakor “True Beauty” ini banyak ditunggu oleh pemirsa.


Profile “True Beauty”

  • Judul: True Beauty
  • Diangkat dari webtoon: Yeoshingangrim karya Yaongyi
  • Literally: The Advent of a Goddess
  • Genre: Romantic Comedy
  • Penulis naskah: Lee Si-eun
  • Sutradara: Kim Sang-hyeop
  • Negara: Korea Selatan
  • Total Episode: 16
  • Original Network : tvN
  • Jadwal : Rabu & Kamis
  • Jam : 10:00 KST
  • Rilis : 9 Desember 2020


Para Pemain “True Beauty”

Cast Korean Drama "True Beauty"
Cast Korean Drama "True Beauty"




  • Moon Ga-young sebagai Im Ju-kyung / Ju-bal
  • Cha Eun-woo sebagai Lee Su-ho
  • Hwang In-yeop sebagai Han Seo-jun
  • Park Yoo-na sebagai Kang Su-jin



Sinopsis “True Beauty”


webtoon into drama
Pic source: kpopmap.com





Cerita ini berawal dari Ju-kyung yang sering mengalami diskriminasi dan bullying dari keluarga dan teman-teman sekolahnya karena penampilannya. Ju-kyung sering mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan karena dianggap tidak cantik. Hal itu membuat Ju-kyung sangat depresi, hingga dia sempat ingin bunuh diri dengan melompat dari gedung tinggi namun dapat digagalkan oleh seorang cowok yang bernama Lee Su-ho.


Sebagai korban bullying membuat Ju-kyung ingin merubah penampilannya di sekolah yang baru. Ia pun mulai belajar cara menggunakan make up dari youtube. Dan hasilnya membuat dia menjadi sosok murid populer di sekolah barunya.


Kepopulerannya di sekolah membuat Ju-kyung takut menunjukkan wajah asli tanpa make upnya kepada teman-temannya. Namun Lee Su-ho adalah satu satunya teman sekolah yang akhirnya mengetahui wajah Ju-kyung tanpa make up. Lee Su-ho dan Ju-kyung saling menyimpan rahasia. Lee Su-ho yang menyimpan rahasia Ju-kyung tanpa make up, dan Ju-kyung yang menyimpan rahasia ketakutan dan trauma Lee Su-ho atas kejadian tragis yang menimpa sahabatnya.



Fenomena Bullying


Dalam drama korea ini kita kembali diingatkan bahwa bullying ini masih ada di sekitar kita, khususnya di lingkungan sekolah bahkan di lingkungan rumah. Disini digambarkan bahwa anak-anak yang merasa lebih cantik dari yang lain melakukan intimidasi kepada teman yang dianggap jelek penampilannya.


Sebagai orang tua yang mempunyai anak perempuan saya merasa diingatkan untuk memberikan pemahaman kepada anak saya bahwa bullying dengan apapun alasannya itu bukan perilaku yang baik.


Kita diingatkan untuk menghargai siapapun, apapun, dan bagaimanapun keadaannya. Semua makhluk ciptaan Tuhan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sangat disayangkan jika kita melakukan perundungan kepada orang lain, yang menyebabkan orang lain menjadi rendah diri hingga terfikir untuk bunuh diri.


Banyak dari kita mungkin melihat fenomena ini dilingkungan sekitar kita ya? Bagaimana seseorang atau sekelompok orang melakukan bullying melalui ucapan, tulisan bahkan perlakuan fisik kepada orang lain. Semoga dengan reminder dari drakor seperti ini menjadikan kita lebih aware terhadap orang lain, untuk tidak melakukan hal serupa, sehingga kejadian yang tidak diinginkan akibat perundungan seperti ini dapat dihindari.


“True Beauty” mengingatkan tentang Self-Love



Dalam drama ini Ju-kyung seperti mempunyai 2 wajah dan 2 karakter yang berbeda. Di sekolah dia adalah murid yang cantik dengan make up tebal dan perilaku yang anggun. Hal yang sangat berbeda dia tampilkan saat diluar sekolah. Di luar sekolah atau saat di rumah dia adalah remaja yang berpenampilan casual, sedikit agak tomboi dengan wajah polos tanpa make up, dengan kacamata tebalnya.


Ju-kyung sangat ketakutan jika penampilan di luar sekolah ini diketahui oleh teman-temannya. Kenapa dia demikian? Karena dia masih merasakan trauma di bully oleh teman-temannya seperti di sekolah yang lama. Dia takut kehilangan teman jika dia berpenampilan seperti dahulu.


Ini adalah hal-hal yang sering dialami oleh para remaja seusianya, yang masih mencari jati diri. Yang masih mencoba memahami arti dari “beauty”.


Saat kita masih remaja, definisi dari “beauty/cantik” mungkin baru sebatas penampilan fisik. Kita baru menyadari definisi cantik yang sesungguhnya atau “true beauty” seiring sejalannya waktu.


Begitu pula yang ditampilkan oleh drama “True Beauty” ini. Beberapa kali Ju-kyung tersentil dengan moment bahwa penampilan tanpa make up pun tidak apa-apa, masih ada orang yang menerima dirinya apa adanya. Bagaimana Lee Su-ho yang tetap menerima dia sebagai teman walaupun dia tahu penampilan Ju-kyung tanpa make up.


Di episode 6, han Go-woon adik dari Han Seo-jun yang pernah dibantu make up oleh Ju-kyung saat dirinya dirundung oleh teman club musiknya yang dianggap tidak pantas menjadi lead singer karena penampilan yang dianggap jelek oleh temannya,  mengatakan bahwa dirinya tetap berpenampilan biasa tanpa make up setelah hari itu, tidak peduli teman-temannya membicarakannya di belakang.


Jika aku membenci wajahku hanya karena mereka bilang begitu, artinya aku setuju aku pecundang. Aku akan mengabaikan mereka dan hidup dengan wajahku apa adanya. ~ Han Go-woon ( “True Beauty” )



Scene ini sangat menyentil pribadi Ju-kyung yang masih takut untuk hidup dengan wajah yang apa adanya. Kenapa hal ini dapat terjadi? Karena Ju-kyung belum cukup mempunyai Self-Love.


Mungkin self-love ini akan muncul di episode minggu depan atau minggu depannya lagi ya, hehe. Begini nih serunya nonton drakor on going, penasaran tiap minggunya.


Self Love for Your Beautiful Life



Self love ini berbeda dengan narsisisme ya. Self-love adalah mencintai, menghargai dan menghormati diri sendiri, dengan menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan menjalani hidup menjadi diri sendiri dengan nyaman.


Sementara narsisisme adalah perilaku seseorang yang mencintai diri sendiri secara berlebihan sehingga mengganggap diri sendiri selalu lebih baik dan lebih benar, sehingga terkesan egois.


Ada 4 tahapan untuk memulai menumbuhkan Self love, yaitu:

  1. Self awareness (kesadaran diri) , yaitu dengan mengenal dan memahami diri sendiri, dengan mengerti kekurangan dan kekuatan diri.
  2. Self worth (harga diri) , ini akan muncul jika seseorang sudah menyadari value dari dirinya, sehingga dia tidak perlu lagi insecure dengan standart penilaian orang lain karena dia tahu nilai kekuatan dirinya sendiri.
  3. Self esteem (kepercayaan diri) , adalah hasil dari evaluasi kita terhadap diri sendiri terhadap hal apa saja yang kita kuasai dan yang tidak kita kuasai. Self esteem ini dapat ditingkatkan dengan berhenti membandingkan diri dengan standar yang dimiliki oleh orang lain, dengan banyak berbuat baik, dengan mengupgrade kemampuan diri dan dengan self care.
  4. Self care (perawatan diri), adalah suatu kegiatan untuk menjaga keseimbangan hidup dengan memenuhi kebutuhan dalam mempertahankan kehidupan, kesehatan, dan kesejahteraan hidup yang dilakukan individu itu sendiri (Orem, 2001).


Self love ini merupakan suatu pondasi yang perlu kita pupuk sedini mungkin kepada generasi kita. Mengapa? Karena jika kita dapat menghargai dan mencintai diri sendiri dengan baik, dan bersikap menghargai kekurangan orang lain, akan meminimalisasi kejadian bullying disekitar kita, sehingga dapat mencegah terjadinya kasus fatal akibat bullying.


Yuk kita bersahabat dengan diri sendiri, melihat dan menerima kekurangan diri sebagai motivasi untuk upgrade diri. Yuk kita mulai menghargai perbedaan yang ada disekitar kita, memahami bahwa semua makhluk Tuhan diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saling support untuk kebaikan dan kesuksesan bersama.



Akh, terimakasih drakor “True Beauty” aku jadi nggak sabar buat nonton episode selanjutnya minggu depan. Yang lagi nyari drakor on going yang ringan dan seru, “True Beauty” ini bagus loh. Yuk nonton, dan belajar self-love di drakor "True Beauty". 




self love quotes
Love Yourself







Related Posts

Related Posts

8 comments

  1. suka wawasannya
    self love itu penting banget

    ReplyDelete
  2. Aah setuju banget sama self love, kalau bukan kita yang mencintai diri sendiri lalu siapa? :)

    ReplyDelete
  3. Suka banget bahasan self lovenya. Duh ini susah move on jika pada masa lalu pernah mengalami bullying. Lukanya kadang masih kerasa.

    ReplyDelete
  4. Ahh pas banget quotesnya, kadang emang kita juga butuh untuk cuek

    ReplyDelete
  5. Ayey keren.
    Aku nulis sinopsis nya ka wkwkw. Emang booming kan yak flm nya

    ReplyDelete
  6. Suka banget review-nya. Komplet sama bahasan self love yang merupakan inti cerita drakor ini.

    ReplyDelete
  7. Selalu ada hikmah dalam setiap drama, true beauty keren nih, termasuk dalam campaign melawan bullying

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)