mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Zona X-tra Miles di Bunda Produktif Ibu Profesional

 

Memasuki Zona X di Hexagonia City Ibu Profesional
Memasuki Zona X di Bunda Produktif Ibu Profesional


Para Hexagonia sudah memasuki zona X di Hexagon City, Zona X adalah zona X-tra Miles. Adakah yang tahu apa itu Zona X-tra Miles di Bunda Produktif Ibu Profesional?


Untuk memahami apa itu X-tra Miles kita coba urai dahulu satu persatu ya definisinya. 

1. X-tra atau Extra dalam bahasa indonesia disebut ekstra dalam KBBI berarti:

ekstra2/eks·tra/ /ékstra/ n 1 tambahan di luar yang resmi--; 2 sangat; luar biasa

 2. Miles, dapat diartikan sebagai jarak atau kejadian penting (milestone)

Jika kita gabungkan menjadi satu kesatuan,

Extra Miles ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan oleh para hexagonia agar dapat cepat sampai ke tujuan dengan melakukan sesuatu yang diluar dari kebiasaan.


Bagi saya setiap Hexagonia pasti sudah mencurahkan banyak tenaga dan pikiran mereka dalam menjalani project passion ini, saya nggak meragukan sedikitpun. Saya mungkin yang tidak terlihat mencolok diantara perjuangan teman-teman, sesungguhnya melakukan apapun yang saya bisa untuk dapat berkontribusi dalam project passion. 

 

Namun seperti kita tahu bersama, para peserta perkuliahan Bunda Produktif ini adalah kesemuanya seorang ibu pekerja, pekerja di ranah domestik, diranah publik ataupun ibu yang bekerja diranah domestik yang mempunyai banyak aktifitas diranah publik dalam aktifitas sehari-harinya. Semuanya mempunyai tugas dan kewajiban dalam kehidupannya. Hal ini yang sering menjadi kendala dalam pengerjaan project passion. Saya yakin pasti semua Hexagonia telah berjuang sangat keras untuk tetap berada di Hexagonia ini, melanjutkan apa yang telah dimulai, apapun yang terjadi, cobaan, rintangan dan godaan.

 

Cobaan dan rintangan ini pasti selalu ada, seperti saya yang menjalani Zona X ini dalam keadaan yang secara fisik dan mental yang sedang dalam kondisi tidak sehat. Secara fisik saya begitu lemah, memerlukan beberapa hari bedrest untuk dapat menghimpun tenaga lagi dalam melanjutkan kegiatan sehari-hari, termasuk project ini.

 

Zona X-tra Miles ini ada, untuk menjadi solusi dari cobaan dan rintangan yang ada. Kami dalam lingkup co-housing mencoba mereview lagi apa yang perlu dan kurang dalam pelaksaan project passion dan mencoba mencari solusi agar pengerjaan project passion ini dapat melaju lebih jauh dan lebih cepat dalam mencapai tujuannya.

 

Dalam menentukan X-tra Miles apa yang perlu kami susun dan lalukan, kami mengidentifikasinya dengan Impact - Effort Matrix agar lebih efisien.

 

Impact - Effort Matrix dirancang untuk menentukan prioritas dari berbagai solusi yang diusulkan oleh peserta project. Metode ini membantu dalam mengidentifikasi solusi yang membutuhkan upaya yang paling mudah dikerjakan oleh peserta project  dan memberikan dampak yang paling besar.


Impact-Effort Matrix bisa membantu peserta project dengan mempercepat suatu proses untuk mengelompokkan aktivitas ke dalam empat kategori:
  1. Quick Wins (kemenangan cepat) - Low effort, high impact, yang akan memberi keuntungan terbaik berdasarkan upaya yang terendah yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya
  2. Major Projects (proyek besar) - High effort, high impact, yang membutuhkan lebih banyak upaya untuk diselesaikan, tetapi pada akhirnya dapat memberikan keuntungan jangka panjang,
  3. Fill-ins (isian) - Low effort, low impact, yang tidak membutuhkan banyak usaha tetapi tidak memberikan banyak nilai
  4. Thankless Task  atau Time Wasters (pemborosan waktu) - High effort, low impact adalah aktivitas yang membutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan sambil memberikan manfaat yang minimal.


Impact-Effort Matrix dalam zona x-tra miles
Impact-Effort Matrix


Dan berikut adalah infografis yang dibentuk dari hadil diskusi co-housing 3 Ibu dan Anak.

Activity Hexagonia dalam CH-3 Ibu dan Anak
Activity Hexagonia dalam CH-3 Ibu dan Anak


X-tra Miles CH 3 Ibu dan Anak
X-tra Miles CH 3 Ibu dan Anak





Itulah  hasil dari diskusi para member luar biasa di co-housing 3 Ibu dan Anak. Para member yang sudah berjuang melebihi limitnya. Semoga semuanya diberikan kesehatan, kemudahan dan kelancaran dalam segala prosesnya di Zona X-tra Miles di Bunda Produktif Ibu Profesional. 


#HexagonCity
#Hexagonia
#XtraMiles
#BundaProduktifBatch1
#InstitutIbuProfesional

Related Posts

Related Posts

15 comments

  1. Ibu-ibu yang luar biasa, selalu mengupgrade diri meski tugas domestik saja ga kelar-kelar. Semangaaatttt

    ReplyDelete
  2. Buibu zaman sekarang mah bukan lagi sekedar dapur sumur kasur ya mbak, hehe..

    Keren nih Hexagon, bikin buibu makin semangat dan produktif :D

    ReplyDelete
  3. Semangat memberdayakan diri ya mom meski sudah menjadi ibu namun tetap aktif ikut berbagai kegiatan. Kereeennn...

    ReplyDelete
  4. seneng banget lihat ibu2 memanfaatkan waktunya untuk hal2 produktif kayak ginii. sehat2 yaa kak

    ReplyDelete
  5. pengen ngintip tulisannya yanng di gambar mbak dwi, tapi sayangnya ada yg kurang jelas dibaca nih.. tp btw keren sekali ini ide-ide para ibu dan anaknya, tetap sempat ya di sela kesibukan masing-masing.

    ReplyDelete
  6. Ini sebuah proyek komunitas ya mbak dwi? Komunitas yang menjadikan perempuan untuk produktif. Awal² saya agak gak mudeng tapi setelah itu mulai bisa memahami. Kepoin ah komunitas ini

    ReplyDelete
  7. Sahabat aku ada yang ngebahas soal ini mbak. Dan aku benar-benar takjub dengan Ibu-Ibu masa kini yang makin produktif dan makin cerdas lewat pembelajaran komunitas online gini. Nanti kalau aku sudah jadi Ibu, mau ikutan ah biar makin paham Hexagonia

    ReplyDelete
  8. Keren banget kalau liat ibu2 produktif, rasanya makin nanya ke diri sendiri, "kamu, ngapain aja?" hihihi.. makasih lho mbak sudah menginspirasi :)

    ReplyDelete
  9. Wah udah sampai bunda produktif luar biasa. Aku br sampai bunsay mbak. Terus butuh waktu lama buat meresapi semua ilmunya belum siap ke buncek hehe. Semangat ya mbak SMg berkah

    ReplyDelete
  10. ibu - ibu sekarang harus lebih produktif dan mau upgrade diri ya, seiring dengan perkembangan jaman agar bisa mengikuti perkembangan anak - anak juga, keren

    ReplyDelete
  11. Mom maaf ini apa ya Hexagon City atau Hexagonia? Sejenis app kah?

    ReplyDelete
  12. Jadi ini kayak menentukan prioritas gitu ya mba ? Mesti banyak baca baca nie saya soalnya masih banyak istilah yang saya masih awam

    ReplyDelete
  13. pembahasan yang buat saya sulit mencerna, mungkin karena saya bukan bunda produktif haha

    yang komen disini juga kebanyakan ibu ibu hehe

    nyimak aja deh

    ReplyDelete
  14. Semangat terus ya Mom, tetap produktif walo jadi ibu

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)