mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

IDN Pictures: Film "Balada Si Roy"


Novel Balada Si Roy



"Balada Si Roy" adalah kisah legend yang sangat menginspirasi remaja yang tumbuh di tahun 80 dan 90-an. Berawal dari cerbung atau cerita bersambung yang dimuat di majalah Hai, majalah yang sangat terkenal di masa itu, akhirnya kisah ini dicetak dalam bentuk novel setahun kemudian, yaitu di tahun 1989.



Ada kabar gembira nih buat para penggemar novel “Balada Si Roy”, novel ini akan diangkat ke layar lebar lho! Seru pasti yah! 😍 Film “Balada Si Roy” merupakan project pertama IDN Pictures yang diumumkan pada bulan November 2020 lalu. Film yang diadaptasi dari vovel karya Gol A Gong ini disutradai oleh Fajar Nugros dan di produseri oleh Susanti Dewi, keduanya merupakan Head of IDN Pictures.



Para penikmat film Indonesia pasti tidak asing dengan mana Fajar Nugros. Beliau adalah sutradara muda asal Yogyakarta yang produktif menghasilkan banyak karya. Film yang ia sutradarai banyak mendapatkan penghargaan di berbagai festival film dan acara penghargaan. Film karya Fajar Nugros antara lain adalah Film “Yowis Ben”, “Cinta Brontosaurus” dan “Tendangan Dari Langit”.



Fajar Nugros sangat bahagia dipercaya oleh Gol A Gong untuk memfilmkan novel ini. Bagaimana tidak? Kisah Balada Si Roy ini adalah bacaan favoritnya saat masih bersekolah di SMU Muhamaddiyah 1 Yogyakarta. Saat itu dia membaca kisah ini dari majalah yang ia pinjam dari temannya. Saking cintanya dengan kisah ini, dia pernah datang sendiri ke acara workshop menulis di daerah Kaliurang (Sleman, Yogyakarta) untuk menemui Gol A Gong, yang menjadi pengisi acara workshop tersebut. Meski gagal bersalaman dengan sang penulis, namun moment itu telah membuat Fajar Nugros semakin cinta dengan dunia kepenulisan.


“Merupakan sebuah kehormatan buat saya untuk mengangkat novel Balada Si Roy ke layar lebar. Ini adalah hal yang sangat istimewa, mengingat bahwa film ini juga merupakan proyek pertama IDN Pictures. Ceritanya mengenai seorang anak muda yang sedang mencari jati diri, ia selalu mendobrak tatanan yang ada. Harapannya, proyek pertama IDN Pictures ini juga dapat mendobrak tatanan perfilman indonesia agar terus menjadi lebih baik.” - Fajar Nugros, Head of IDN Pictures.



Pemain Film “Balada Si Roy”


Pandemi Covid-19 memang belum berakhir, namun hal ini tidak menghalangi proses dari project IDN Pictures dalam mengangkat novel “Balada Si Roy”. Para pemain telah dipilih dan telah di umumkan dalam acara konferensi pers yang dilaksanakan secara virtual pada Bulan Desember 2020 lalu. Hayoo, coba tebak siapa yang memerankan si Roy di film ini?



Poster Film "Balada Si Roy"




Abidzar Al-Ghifari, secara resmi telah diumumkan sebagai pemeran utama sebagai Roy di film ini. Nama yang mungkin terdengar tidak asing ya di telinga kita? Ia adalah seorang aktor dan juga seorang penyanyi, yang merupakan putra kedua alm. Ustad Jefri Al Buchori dan Pipik Dian Irawati. Ia tergabung dalam sebuah boyband bernama “Laki” dan telah membintangi sebuah Film dan beberapa judul sinetron. Waw, penasaran nih bagaimana Abidzar memerankan Roy di Film ini!


Bagi pembaca setia novel “Balada Si Roy” pasti juga ingin tau dong ya, siapa sih yang memerankan tokoh Ani yang fenomenal dan tokoh si Ibu-nya Roy ? Berikut adalah daftar pemain yang akan tampil di film “Balada Si Roy” :

  • Abidzar Al Ghifari sebagai Roy.
  • Feby Rastanty sebagai Ani.
  • Bio One sebagai Dullah.
  • Zulfa Maharani sebagai Wiwik.
  • Sitha Marino sebagai Dewi.
  • Jourdy Pranata sebagai Andi.
  • Omara Esteghlal sebagai Toni.
  • Yusuf Mahardika sebagai Edi.
  • Dea Aditya sebagai Iwan.
  • Fachri Muhammad sebagai Sodik.
  • Maudy Koesnaedi sebagai ibu dari Roy.
  • Kiki Narendra sebagai ayah dari Ani.

Para Pemain Film "Balada Si Roy"
Para Pemain Film "Balada Si Roy"


Waw, film ini ternyata bertabur bintang ya! Tidak hanya para bintang muda yang bergabung, namun terdapat 2 aktor senior yaitu Maudy Koesnadi dan Kiki Narendra yang dipilih oleh IDN Pictures.


Penggemar “Balada Si Roy”



Menjadi hal yang umum di masyarakat, jika ada sekelompok orang mempunyai suatu ketertarikan yang sama dalam suatu hal, maka biasanya mereka akan berkumpul dan membentuk suatu komunitas tertentu. Begitu pun juga yang terjadi dengan novel “Balada Si Roy” ini.


Kedahsyatan kisah si Roy ini telah menarik perhatian para remaja di berbagai daerah di Indonesia. Seiring dengan hadirnya platform Facebook, para penggemar novel “Balada Si Roy” saling terhubung dan membentuk sebuah Komunitas Sahabat Si Roy. Grup ini bersifat public sehingga semua orang dapat bergabung dan berinteraksi dengan sesama pecinta karya Gol A Gong ini. Saat ini telah terkumpul sejumlah 1.982 anggota yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.


Adalah Daniel Mahendra, yang menjadi salah satu inisiator terbentuknya komunitas Sahabat Balada Si Roy. Ia menjelaskan bahwa dalam komunitas tersebut mereka tidak membuat suatu hierarki seperti halnya organisasi, namun menurutnya hal ini yang membuat para anggota dapat menjadi lebih dekat dan lebih kuat dalam persahabatan.


Tidak hanya berinteraksi secara virtual, namun Komunitas Sahabat Balada Si Roy ini juga seringkali mengadakan kopdar atau kopi darat di berbagai daerah. Mereka menggunakan acara kopdar ini untuk saling bersilaturahmi dan berbagi pengalaman diantara para anggotanya. Dengan diangkatnya novel ini ke layar lebar oleh IDN Pictures, menjadikan komunitas ini kembali dilanda “Demam Roy” seperti yang terjadi saat pertama kali kisah ini terlahir. Mereka sangat antusias menantikan para aktor dan aktris muda Indonesia memerankan tokoh-yokoh kesayangan mereka dalam novel “Balada Si Roy”.


Para penggemar novel ini walaupun sudah sangat khatam dengan cerita dan tokoh “Balada Si Roy”, namun tidak akan mengkritisi proses pemilihan pemain filmnya. Daniel, sang inisiator komunitas mengatakan bahwa mereka mempercayakan pemilihan pemain pada tim IDN Pictures.


“Saya yakin pasti Mas Nugros dan Mbak Santi beserta tim sudah memiliki banyak pertimbangan matang terkait pemilihan aktor dan aktris yang akan membintangi film Balada Si Roy ini. Dilihat dari segi pembawaan aktor atau aktrisnya sendiri, bahkan penampilannya juga pasti dipertimbangkan. Saya rasa begitu, ya, jadi penggemar berat Balada Si Roy percaya bahwa pemilihan pemain sudah dijalankan melalui berbagai pertimbangan yang matang,” - Daniel Mahendra.

Abidzar Al-Ghifari sebagai Roy dan Feby Rastanty sebagai Ani di Film "Balada Si Roy"
Abidzar Al-Ghifari sebagai Roy dan Feby Rastanty sebagai Ani di Film "Balada Si Roy"

 

 

“IDN Pictures pun telah menambahkan relevansi nilai pada proses penggarapan filmnya. Hal ini diharapkan dapat membuat film Balada Si Roy menjadi semakin relatable dengan kehidupan anak muda zaman sekarang. Misal, adanya ajakan untuk menghirup udara segar di luar, kumpul bersama teman-teman, kesampingkan gadget ketika sedang bersua dengan kawan. Nilai-nilai seperti ini terkesan picisan, sederhana, tapi esensinya tak jarang hilang.” - Susanti Dewi, Head of IDN Pictures

Jadi meskipun novel ini ditulis di masa 80-90 an namun masih sangat sesuai dengan kehidupan anak muda pada jaman sekarang. Semoga nilai-bilai baik yang ada dalam diri para tokoh di novel dan film ini dapat menginspirasi para anak muda jaman sekarang.

Proses Syuting


Virtual Press Conference Balada Si Roy
Virtual Press Conference Balada Si Roy



Film “Balada Si Roy” telah memulai tahapan Pre-Production sejak tanggal 16 November 2020 hingga tanggal 23 Desember 2020 di Jakarta. Untuk proses syutingnya sendiri dimulai pada tanggal 10 Januari 2021 di daerah sekitar Banten, seperti Rangkas Bitung, Serang dan Anyer.


Proses syuting film “Balada Si Roy” yang diawali dengan proses potong tumpeng yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, berlangsung secara sederhana namun tetap bermakna. Sang sutradara, Fajar Nugros berdoa semoga film ini menjadi hiburan dan memberikan banyak manfaat untuk pecinta film Indonesia. Wah semakin nggak sabar menunggu filmnya tayang di bioskop ya !















Related Posts
Newest Older

Related Posts

Post a Comment