mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Blogspedia Coaching Batch 1


Blogspedia



Ada yang mau belajar nge-blog? Tapi bingung mau belajar dengan siapa? Coba deh cari informasi tentang kelas blogging di sosial media. Di tahun 2020 saya berkesempatan mengikuti 3 blog course, salah satunya adalah Blogspedia Coaching Batch 1.


Saya memang memulai ngeblog sudah sejak lama, belajar secara otodidak. Beberapa kali membuat blog, namun kebanyakan berakhir di tengah jalan, terhenti dan terlupakan, hehe. Hingga suatu saat saya membulatkan niat untuk memulai kembali nge-blog secara serius, dengan mengikuti kelas blog. Alhamdulillah mendapat support dari suami.


Media sosial memang menjadi jalan ninja saya dalam mencari informasi, hehe, saya menemukan informasi mengenai blog course disana. Saya pun mendaftarkan diri dengan niat ingin belajar dari nol. Saya mendaftar di dua penyelenggara berbeda, dengan jadwal yang hampir bersamaan. Setelah kedua kelas tersebut selesai, saya menjadi semakin haus akan blogging. Rasanya ingin belajar lagi dan lagi.


Informasi Pendaftaran Blogspedia Coaching



Saya waktu itu sudah bergabung di Komunitas Indonesian Content Creator yang mempunyai sebuah whatsapp group sebagai sarana silaturahmi. Salah seorang teman kami membagikan suatu informasi mengenai Blogspedia Coaching Batch 1 ini. Setelah membaca beberapa kali, dan melihat jadwal kelas lain yang saya ikuti, saya pun akhirnya memutuskan untuk ikut mendaftar.


Bismillah semoga menjadi jalan saya untuk belajar.
Doa saya waktu itu.



Beberapa minggu kemudian ada pemberitahuan lewat whatsapp jika saya lolos sebagai peserta. Yeay, Alhamdulillah. But wait, apakah saya sudah terlambat? Karena ternyata pesan whatsapp itu tertimbun oleh pesan lain di inbox, sehingga baru saya temukan setelah beberapa hari terkirim.


Saya pun mencoba untuk membalas pesan tersebut sambil berdoa, semoga masih menjadi rejeki saya untuk ikut kelas blog ini. Dan Alhamdulillah ternyata saya masih belum terlambat, saya masih diperkenankan masuk ke kelas, dan memulai kelas bersama peserta yang lain dari awal.


Menjadi salah satu peserta diantara 50 peserta lain yang sebagian sudah mempunya sepak terjang di dunia menulis dan ngeblog awalnya bikin deg deg an sih, apalagi ngelihat karya-karya beliau yang sungguh banyak berderet, rasanya gimana gitu, bisa bertahan nggak nih, atau kena tendangan ditengah jalan, hehe. Tapi alhamdulillah saya bisa sampai ke minggu terakhir kelas blogspedia coaching ini.


Blogspedia Coaching Batch 1

Mentor Blogspedia
Mentor Blogspedia



Sebelum memasuki kelas ini sebenernya mengira blogspedia adalah sebuah komunitas, namun ternyata bukan. Blogspedia ini adalah sebuah kelas yang dibuat oleh mentor blog saya mbak Marita Ningtyas.


Beliau adalah seorang profesional blogger yang berasal dari Semarang. Beliau telah menyelesaikan kelas GROWTHING, yaitu kelas blogging semi militer, yang materi dan sistemnya sangat padat dan peraturannya sangat ketat.


Blogspedia : Tongkrongan Blogger Cupu.
Tempat Belajar dan Berbincang Para Blogger Pemula.

Itulah tagline dari Blogspedia. Mbak Marita ini memang membuat Blogspedia sebagai sarana belajar blog untuk pemula, mulai dari nol banget. Saya yang awalnya minder untuk masuk kelas, agak sedikit lega saat dijelaskan bahwa memang kelas ini memang ditujukan untuk pemula.


Hal ini terlihat dari syarat menjadi peserta Blogspedia Coaching Batch 1 yang tertulis yaitu: blogger newbie. Yang dimaksud newbie disini adalah yang baru saja membuat blog atau blognya masih belum TLD, atau yang belum tau cara membuat blog namun mau belajar.


Syarat untuk mengikuti Blogspedia Coaching yang lainnya yaitu: punya hobi menulis dan punya semangat belajar yang tinggi. Niat belajar ini yang sangat penting menurut saya di blogspedia. Kenapa? Karena di setiap materi yang disajikan tiap minggu, akan diberikan tugas dengan batasan dateline.


Jika peserta tidak mengerjakan tugas tepat waktu atau tidak mengerjakan tugas sesuai instruksi akan tereliminasi. Yap, peserta akan di eliminasi dari grup dan tidak dapat melanjutkan ke materi berikutnya. Untuk itu kita harus menyimak materi yang diberikan, membaca instruksi dengan teliti dan submit tugas sebelum dateline agar tidak kena tendangan si Mar-Mar, istilah yang Mbak Marita berikan untuk sesi eliminasi ini, hehe. 😄


Agak menegangkan memang kelas ini kalau sudah ngomongin tugas, tapi suasana kelas tidak semenegangkan itu. Terlepas dari materi kami masih diperbolehkan untuk berbincang dengan peserta lain secara santai tentang apa saja informasi di sekitar kita. Untuk tugas pun kita diperbolehkan untuk melakukan diskusi di kelas, dan mbak Marita akan siap membantu kita dalam pengerjaan tugas.


Materi Blogspedia Coaching



Kelas blogspedia ini berlangsung selama 3 bulan, dengan materi yang berbeda setiap minggunya. Materi yang diberikan sangat runut dari yang basic hingga yang agak njlimet klo menurut ukuran saya yang newbie ini hehe. Namun penjelasan yang diberikan oleh Mbak Marita sangat membantu saya dalam memahami materi yang diberikan.


Materi yang diberikan di blogspedia antara lain:

  1. Kemampuan Dasar & Adab Blogger
  2. Beragam Niche Blog & Istilah-istilah Blogging
  3. Membuat Blog di Blogspot
  4. Dashboard Blogspot & Segala Fiturnya
  5. Fitur Postingan di Blogspot
  6. Membuat & Memunculkan Page About Me di Blogspot
  7. Membuat & Memunculkan Page Sitemap di Blogspot
  8. Story Telling & Basic Copy Writing
  9. Artikel Ulasan Produk
  10. Artikel Perjalanan/ Review Tempat Wisata
  11. Artikel How To/ Tips
  12. Artikel Kuliner
  13. Artikel Ulasan Event
  14. Belajar Teknis Menulis Artikel SEO Sederhana
  15. Permak Tampilan Blog Sederhana
  16. Infografis dan Header Sederhana Pakai Canva
  17. Permak Tampilan Blog Lanjutan
  18. Membeli dan Memasang Custom Domain di Blognya
  19. Personal Branding for Blogger
  20. Content Plan & Peluang Job untuk Blogger
  21. Tugas Akhir
  22. Materi Bonus


Cukup lengkap kan ya materinya, sangat membantu blogger pemula untuk memulai membangun blognya selangkah demi selangkah. Saya merasakan sendiri bagaimana pesat progress dari blog saya sejak bulan Oktober hingga Januari sejak mengikuti kelas ini.


Buat anda blogger pemula yang ingin belajar ngeblog dari nol, semoga segera dibuka Blogspedia coaching batch 2. Pantengin informasinya di blog officialnya Blogspedia yaa.



Terima Kasih Blogspedia

learning quotes
Jangan Berhenti Belajar



Saya sih nggak ngira banget bisa bertahan sampai di fase terakhir kelas Blogspedia ini. Alhamdulillah berkesempatan mengikuti materi demi materi yang diberikan, dan mengerjakan tugas tepat waktu. Semuanya sangat bermanfaat bagi saya.


Terimakasih banyak Mbak Marita Ningtyas atas kesempatan yang diberikan untuk ikut belajar di blogspedia, terimakasih ilmunya, semoga kebaikan mbak marita mendapat balasan kebaikan berlipat dari Allah SWT.


Buat teman-teman yang ingin belajar seperti saya di Blogspedia Coaching Batch 1, tungguin aja infonya di akun sosial media Mbak Marita atau di official blog nya! Semoga anda beruntung menjadi salah satu pesertanya !
Related Posts

Related Posts

1 comment

Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)