mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Semprotan Sakit Gigi, Kapan Sih Boleh Dipakai?



kapan-harus-ke-dokter-gigi-kapan-menggunakan-obat-sakit-gigi-spray


Siapa nih yang pernah merasakan sakit gigi? Rasanya luar biasa sakitnya ya, terkadang tidak hanya terasa di gigi, namun bisa sampai ke kepala sakitnya. Saat sakit gigi menyerang, mood biasanya ikut drop karena aktifitas jadi terganggu. Mau periksa ke dokter gigi, namun belum sempat, sehingga terkadang terpikir untuk cari obat sakit gigi yang langsung cespleng, seperti semprotan sakit gigi. Namun masih banyak yang belum paham nih, kapan sih harus ke dokter gigi? Dan kapan boleh menggunakan obat sakit gigi spray?


Sakit Gigi


sakit-gigi



Sakit gigi adalah suatu kondisi dimana ada rasa nyeri di bagian gigi dan rahang dengan tingkat keparahan yang bervariasi, yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa disebabkan karena kerusakan gigi. Sakit gigi dapat terjadi karena beberapa kondisi, antara lain:
  • Abses gigi
  • Gigi retak/patah
  • Setelah melakukan treatment gigi
  • Bruxism (menggeretak gigi)
  • Sakit Gusi
  • Permukaan akar gigi yang terbuka
  • Sinusitis
Penyebab sakit gigi pada setiap orang bermacam-macam antara lain karena kurang menjaga kebersihan gigi, jarang melakukan flossing, memiliki kebiasaan merokok, memiliki gangguan pola makan, sedang mengkonsumsi obat tertentu, kondisi mulut yang terlalu kering dan bisa juga disebabkan karena konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Banyak juga ya ternyata penyebabnya, jadi harus lebih aware lagi nih dengan pola hidup yang kita jalani sehari-hari.


Gejala sakit gigi yang umum dialami adalah timbulnya rasa nyeri, namun ini bukanlah satu-satunya gejala sakit gigi, gejala lainnya yaitu:

  1. Terjadi pembengkakan pada gusi
  2. Gigi menjadi lebih sensitif terhadap rasa manis, suhu dingin dan suhu panas
  3. Pusing
  4. Demam
  5. Sakit telinga
  6. Sakit leher
  7. Bau mulut
Semua gejala yang ditimbulkan karena sakit gigi ini memang sungguh menyiksa ya bestie, saya pernah merasakannya juga, aktivitas menjadi terganggu karena rasanya sungguh tidak nyaman. Namun ada beberapa kiat loh bestie yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya sakit gigi ini.


Untuk mencegah timbulnya sakit gigi, disarankan untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, dan juga sangat disarankan untuk melakukan flossing setidaknya 1 kali dalam sehari. Flossing adalah teknik membersihkan gigi menggunakan benang untuk membersihkan plak yang menumpuk. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan gula juga dapat memicu sakit gigi, oleh karena itu kita perlu memperhatikan asupan makan minum kita sehari-hari. Dan yang juga penting, kunjungi dokter gigi secara teratur.


Kapan Harus ke Dokter Gigi


kapan-harus-ke-dokter-gigi




Dari hasil pengamatan saya terhadap teman-teman di sekitar saya, sebagian memang ada yang belum ‘akrab’ dengan dokter gigi dan ada juga yang menjadikan kunjungan ke dokter gigi sebagai kebutuhan dan rutinitas penting.


Kamu termasuk yang mana nih bestie?
Ke dokter gigi saat sudah sakit gigi.
Ke dokter gigi secara rutin walau tidak sakit gigi

Memeriksakan gigi ke dokter gigi sebaiknya dimulai sejak usia 6-7 bulan atau ketika gigi susu pertama mulai tumbuh. Lalu lakukan kontrol setiap 6 bulan walau tanpa keluhan. Selain untuk mendeteksi secara dini permasalahan gigi, juga untuk perkenalan anak kepada dokter gigi, perawat serta klinik gigi, sehingga jika suatu mendapati keluhan sakit gigi, anak tidak takut lagi mendatangi dokter gigi.


Untuk orang dewasa, dalam kondisi normal disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali walau tanpa keluhan. Bagi yang mempunyai gangguan metabolisme ataupun penyakit sistemik yang memiliki resiko terhadap penyakit gigi dan mulut, disarankan untuk berkunjung ke dokter gigi setiap 3 bulan sekali.


Bagaimana dengan para lansia? Masihkah perlu ke dokter gigi? Ya, tentu saja. Penuaan dapat menyebabkan gigi berlubang, ompong, mulut kering dan gigi goyang. Lansia yang mempunyai penyakit sistemik dan mengharuskan mengkonsumsi obat tertentu beresiko terhadap penyakit gigi dan mulut. Oleh karena itu, lansia membutuhkan kunjungan ke dokter lebih sering dan atau sesuai anjuran dokter, mengikuti kebutuhannya.


Sakit gigi kebanyakan memang tidak membahayakan jiwa kita, namun sakit gigi tidak boleh kita abaikan begitu saja, karena sakit gigi bisa saja merupakan suatu indikasi dari sakit yang lebih serius. Lalu, kapan kita harus ke dokter?


Kunjungi dokter gigi saat, sakit gigi sudah dirasakan selama lebih dari 2 hari dan disertai dengan demam dan tanda-tanda infeksi. Tanda terjadinya infeksi pada gigi yaitu gusi mengalami pembengkakan, memerah dan mengeluarkan cairan yang berbau busuk karena adanya nanah.


Cara Mengobati Sakit Gigi


Sebelum pergi ke dokter, ada cara pengobatan sederhana yang dapat di lakukan di rumah sebagai pertolongan darurat.


Kompres dengan es batu

Jika terjadi pembengkakan,es batu selain dapat membantu meredakan juga dapat mengurangi rasa nyeri dan pendarahan di dalam jaringan gusi. Masukkan beberapa potongan es batu ke dalam kain/handuk kecil, lalu kompres ke area yang mengalami pembengkakan. Lakukan sekitar kurang lebih 15 menit. Ulangi beberapa kali sampai bengkak mereda.


Berkumur dengan air garam

Air garam dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit pada gigi dan gusi. Sebelum berkumur dengan air garam, lakukan flossing terlebih dahulu. Kemudian larutkan garam 1-2 sendok makan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, kemudian buang, jangan ditelan.


Obat pereda nyeri

Banyak sekali jenis obat pereda nyeri yang dijual di apotik. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita ya bestie, apalagi untuk bumil dan busui, perlu konsultasi ke dokter lebih lanjut untuk obat yang digunakan.


Semprotan sakit gigi

Semprotan sakit gigi memang belum begitu familiar ya bestie, namun ini adalah salah satu solusi ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Semprotan Sakit Gigi

Obat sakit gigi semprot memiliki fungsi untuk meredakan rasa sakit pada gigi, gusi dan mulut, misalnya saat sariawan, sakit gigi, radang pada gusi dan gigi tumbuh. Dari webmd.com, semprotan sakit gigi ini bersifat seperti anestesi lokal, sehingga saat disemprotkan pada rongga mulut, sekitar 15-30 menit kemudian, rongga mulut akan mengalami mati rasa selama kurang lebih 15 menit.


Semprotan sakit gigi mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan obat yang diminum, yaitu:

  • Lebih efektif, karena dapat dipakai pada bagian gigi/mulut yang lebih spesifik.
  • Memiliki kandungan anti bakteri yang dapat mengurai bau mulut.


Ada nggak sih, obat semprotan sakit gigi yang rekomen? Jelas ada dong bestie, ada Cooling 5 Plus.


Cooling 5 Plus


kapan-harus-ke-dokter-gigi-dan-menggunakan-obat-sakit-gigi-semprot

Cooling 5 Plus ini adalah obat sakit gigi pertama dalam bentuk semprot yang diproduksi oleh perusahaan farmasi ternama yaitu Novell Pharmaceutical Laboratories dan sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi DTL1833541735A1, sehingga dapat dipastikan produk ini aman ya bestie.


Dikemas dalam dus yang berisi botol semprot berukuran 15 ml dan termasuk dalam golongan obat terbatas (biru). Golongan obat terbatas dengan simbol lingkaran biru maksudnya adalah obat ini bisa dibeli tanpa disertai resep dari dokter dan aman digunakan sendiri tanpa pengawasan oleh dokter, namun mempunyai tanda peringatan khusus saat penggunaannya.


Komposisi dari Cooling5 Plus ini terdiri dari Benzocaine 3 mg dan Phenol 5 mg dapat digunakan dengan dosis pemakaian setiap 3-4 jam sekali. Ratih Wahyu, selaku Product Executif dari Cooling5 Plus menyampaikan bahwa Cooling5 Benzocaine ini dapat berfungsi sebagai anestesi atau bius lokal di rongga mulut, serta dapat bekerja lokal hanya di lokasi nyeri tersebut, tidak ikut masuk ke peredaran darah sehingga sangat minim efek samping.


“Karena mengandung anestesi lokal, Cooling5 Plus cepat meredakan rasa nyeri, kurang dari 1 menit rasa nyeri sudah hilang.” - Ratih Wahyu, Product Executif Cooling5 Plus


Cara Pemakaian Semprotan Sakit Gigi Cooling5 Plus

  • Kocok terlebih dahulu sebelum disemprotkan
  • Semprotkan langsung ke bagian gigi yang merasakan sakit
  • Untuk mengobati tenggorokan/gusi: letakkan botol sekitar 5 cm dari area yang sakit, semprotkan sekitar 0,5 detik saja, kemudian tunggu obat bereaksi sekitar 1 menit, kemudian muntahkan melalui air liur.
  • Ulang setiap 3-4 jam

Cooling5 Plus sudah tersedia di apotek dan marketplace kesayangan kamu loh bestie, sehingga sangat mudah didapatkan. Benar-benar solusi jitu untuk obat sakit gigi yang dapat meredakan rasa sakit secara lebih ampuh dan lebih efektif. Cooling5 Plus ini masuk dalam rekomendasi MediaIndonesia dalam artikel Empat Pilihan Obat Yang Ampuh Atasi Sakit Gigi. So, Semprotan Sakit Gigi Cooling5 Plus ini wajib ada di kotak obatmu sebagai pertolongan pertama saat sakit gigi.




Pict. source:

https://www.freepik.com/free-photo/male-dentist-nurse-examining-asian-patient-s-teeth-clinic_5839233.htm#query=dentist&position=2&from_view=search&track=sph

https://www.freepik.com/free-photo/dentist-with-smile_5904229.htm#query=dentist&position=27&from_view=keyword&track=sph












Related Posts

Related Posts

23 comments

  1. Di kampung saya kebanyakan termasuk yang sakit gigi dulu baru berobat periksa ke dokter. Padahal seharusnya memeriksakan gigi secara rutin mau sakit ataupun tidak, ya...

    ReplyDelete
  2. Baru tau ada produk semprotan sakit gigi dari Cooling5 Plus, jadi nggak lebih praktis deh ya.

    ReplyDelete
  3. Iya nih, semprotan sakit gigi nampaknya belum familiar. Aku saja baru tahu setelah mampir ke mari. Lebih praktis ya jadinya kalau gigi dan mulut sedang terasa nggak nyaman. Aku pahamnya ya selama ini kalau nggak pakai obat kumur ya kumur air garam dan kompres pakai es saja. Rupanya ada yang lebih memudahkan.

    ReplyDelete
  4. Aku sih kalau anak-anak tiba2 sakit gigi biasanya ya kumur pake air garam dulu buat mitigasi daruratnya wkwkwk. Sekarang enak yah ada semprotan sakit gigi yang praktis kek gini. Btw, boleh dipakai anak mulai umur berapa nih mba?

    ReplyDelete
  5. Cooling plus ini aku baru tahu setelah baca ini. Mungkin bisa kucoba kalau kambuh sakit gigi ku. Aku pernah sakit gigi yang parah banget sakitnya, padahal nggak bolong giginya. Cek dokter juga nggak puas dengan jawabannya, akhirnya aku cari second opinion, baru dapat penjelasan detail.

    ReplyDelete
  6. Saya taunya semprotan untuk gosok gigi, macam pengganti pasta gigi. Kerne banget semprotan ini ya Tapi untuk anak-anak belum ada ya? Karena anak-anak pas sakit gigi susah banget ditanyain, keburu nangis ngejer deh

    ReplyDelete
  7. Baru tahu kalau ada semprotan sakit gigi. Dulu waktu kecil pas sakit gigi bener2 tersiksa hehe. Enak ya kalau udah make ini

    ReplyDelete
  8. Ehh bisa ya ternyata.. kalau anak2 boleh pake umur berapa mba ini? Anakku suka sakit gigi soalnyaa tapi gamau dibawa ke dokter :((

    ReplyDelete
  9. Wahh Masha Allah baru tau ada produk yang seperti ini , perlu banget dicoba nihh . Terima kasih sharing infonya mam 💖

    ReplyDelete
  10. Trimakasih mba informasinya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  11. Mantaps nih, dah gak perlu air garam lagi buat kumur" kalo sakit gigi. 😅
    Besok coba deh biar gak banyak" minum obat jg, makasih infonya makshay. 🤗

    ReplyDelete
  12. cocok banget buat aku yg susah nelan obat yaa

    ReplyDelete
  13. Aku selama ini tim yang kalau sakit baru ke dokter gigi 😁
    Makasih lho mom infonya aku jadi tahu ada produk se worth it ini buat ngilangin rasa nyeri. Jadi mau beli dan stok dirumah

    ReplyDelete
  14. Membantu inii, soalnya kalau sakit gigi kan malah ga bisa ditindaklanjuti.. kalau udah ga sakit nah baruuu..

    ReplyDelete
  15. bermanfaat sekali infonya, jadi tau nih ada obat semprot utk sakit gigi, jd Colling5 plus ini bisa jadi alternatif obat utk sakit gigi yg ringan dan bisa jd pertolongan pertama utk sakit gigi yg lumayan berat sblm ke dokter gigi 😍

    ReplyDelete
  16. Makasih infonya mak Wik. Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  17. Makasih banyak Mak Dwi,sangat bermanfaat infonya 🤗

    ReplyDelete
  18. Sebagai orang yang sering sakit gigi, bisa banget nih cobain semprotannya. Makasih infonya kakak bestie, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  19. Terimakasih banyak info nya Bulik, jadi pengin meriksain juga

    ReplyDelete
  20. Waahh boleh juga nih... Pas banget lagi sakit gigi aku....

    ReplyDelete
  21. Baru tahu ada semprotan buat sakit gigi. Nyobain ah, kebetulan lagi sering sakit gigi gara2 gigi sulung yg tumbuh.

    ReplyDelete
  22. Baru tau kalau ada semprotan buat sakit gigi. Ini alternatif buat kaum yg susah ngatur waktu buat ke dokter gigi

    ReplyDelete
  23. 😍 makasih infonya kak bermanfaat banget nih buat yang sakit gigi, bisa dicoba nih

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)