mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Belajar Mengaji Online di Albata TPQ Kids Online Group


Albata Tempat Belajar Mengaji dengan Metode Montessori
Albata Tempat Belajar Mengaji dengan Metode Montessori



Pendidikan Islam Anak Usia Dini


Usia anak 0 sampai 6 tahun sering yang sering kita sebut dengan golden age atau masa keemasan adalah periode penting bagi seorang anak. Pendidikan yang diterima oleh anak di usia ini akan menjadi pondasi untuk perkembangan anak di usia selanjutnya. Oleh karena itu, menurut saya sangat penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian lebih pada pendidikan anak di usia tersebut. Apalagi bagi keluarga yang beragama Islam, anak-anak perlu memperoleh pendidikan yang berdasarkan pada Al-Quran dan Sunnah. Pendidikan ini dapat bersumber dari 3 aspek, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan lembaga pendidikan/sekolah dan lingkungan masyarakat. Sayangnya saat ini sekolah/lembaga pendidikan berbasis Islam belum merata tersebar di daerah. Alhamdulillahnya kini telah ada TPQ Kids Online Group di Albata Islamic Montessori yang bisa jadi pilihan untuk anak kita mengikuti belajar mengaji online.


TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengajarkan Al-Quran, yang bertujuan untuk menjadikan santrinya mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar, serta menjadikannya sebagai pedoman hidup. Saat saya kecil, di lingkungan tempat tinggal saya di Jogja, anak-anak mengikuti TPQ yang biasanya berlokasi di Masjid masing-masing kampung. Saat ini TPQ sudah tumbuh bermunculan dan berkembang pesat di lingkungan tempat tinggal saya, bahkan tidak hanya dilakukan secara offline, proses belajar di TPQ sekarang sudah ada yang dilakukan secara online. TPQ Online ini sangat memudahkan bagi kita yang terkendala jarak, ataupun hal lain.

Sekolah/Lembaga Pendidikan Islam


Mencari sekolah atau lembaga pendidikan untuk anak memang susah-susah gampang. Setidaknya itu yang saya alami saat mencari lembaga pendidikan islam untuk anak pertama saya, Andien. Saya sudah melakukan survey dan wawancara bahkan sejak dia belum memasuki usia sekolah. Saya mencari info dari internet dan dari teman-teman saya. Saya bahkan sempat melakukan trial class untuk memastikan pilihan saya.


Sedikit cerita, Andien pernah masuk ke sekolah PAUD yang berbasis kelas montessori secara offline dan dilanjut online karena waktu itu pandemi covid-19 melanda dunia. Memasuki usia TK saya memasukkan Andien ke TKIT dan saat ini Andien baru saja masuk SD dan saya juga memasukkannya ke sekolah berbasis Islam, sesuai dengan permintaan si anak. Andien mempunyai keinginan menjadi Hafidz Quran, masyaAllah, sungguh ini melebihi bayangan saya. Saya menyekolahkan Andien ke sekolah Islam, niatnya adalah agar Andien mempunyai bekal ilmu agama yang cukup, sebagai bekalnya dalam hidup di dunia dan akhirat. Ternyata masyaAllah Andien begitu mencintai Alquran hingga ingin menjadi Hafidz Quran,


Walau di sekolah Andien juga mendapat pembelajaran baca tulis Al-Quran setiap hari, yang juga saya dampingi mengaji di rumah setiap malam, namun saya merasa perlu memberikan Andien tambahan pelajaran Al-Quran di TPQ diluar sekolah. Alhamdulillah saya menemukan informasi mengenai kelas belajar mengaji online di Albata Islamic Montessori, sebuah lembaga pendidikan Islam berbasis montessori.

Albata Islamic Montessori

keunggulan-albata-islamic-montessori
Berbagai Keunggulan Albata Islamic Montessori




Albata Islamic Montessori adalah sebuah lembaga pendidikan Islam untuk anak-anak yang materinya berfokus pada Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin & Tahfidz, dengan menggunakan sistem pengajaran ‘fun learning’ serta mengadopsi metode di kelas montessori dalam proses belajarnya.


Albata berdiri sejak tahun 2019 dan berkantor di Kota Surabaya. Tercatat sudah ada 9500 murid yang terdaftar di Albata per bulan Agustus 2023. Albata ini adalah lembaga pendidikan Islam resmi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Albata. Adapun visi dan misi Albata antara lain:

  1. Membangun generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa & mandiri sejak dini
  2. Membangun peradaban Islami yang dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga
  3. Mengembangkan mindset bahwa belajar itu menyenangkan

Albata ini termasuk sebuah lembaga pendidikan Islam yang cukup bagus menurut saya, karena memiliki poin poin penting yang saya cari dalam pendidikan anak, yaitu:

  • Berdasarkan Al-Quran dan sunnah
Ini adalah poin penting yang sesuai dengan yang ingin saya tanamkan pada anak saya di masa golden age-nya, yaitu pendidikan yang berpedoman pada Al-Quran dan Sunnah
  • Tersertifikasi montessori
Saya termasuk orang tua yang menyukai metode montessori untuk anak usia dini. Kelas Montessori adalah metode pembelajaran yang menitikberatkan pada pengembangan potensi individu dengan memberikan kebebasan belajar dan penggunaan tools belajar yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Kelas montessori ini memiliki kelebihan yaitu dapat membantu anak agar memaksimalkan potensi agar mampu bekerjasama dalam tim, mampu bertindak tegas, dapat mengasah kemandirian anak dan juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

  • Menggunakan kurikulum islam yang terbaik, yaitu:
Tauhid

Tauhid merupakan inti dari ajaran Islam. Pemberian pendidikan Tauhid agar anak terdidik memiliki jiwa tauhid yang kuat dan mantap dan memiliki tauhid yang baik dan benar, secara lisan, tulisan dan yang terpenting yaitu dengan sikap, tingkah laku dan perbuatan.

Fiqih

Memberikan ilmu pendidikan fiqih dasar dalam Islam agar anak mengerti tentang hukum-hukum islam terkait ibadah maupun muamalah.

Tahsin

Dengan ilmu tahsin anak dapat memperbaiki cara membaca Qur'an agar menjadi lebih baik sesuai dengan tajwid dan makhrojnya.

Adab

Adab adalah sesuatu yang harus didahulukan sebelum ilmu. Karena ilmu akan menjadi sesuatu yang berbahaya apabila tidak dibarengi dengan akhlak atau etika yang baik

Sirah

Sirah atau cerita sejarah kehidupan seseorang dapat memberikan inspirasi atau pelajaran hidup bagi orang lain.

Tahfidz


Dengan metode ini anak anak dapat belajar menghapal surat-surat dalam Al-Quran secara bertahap

  • Pengajar Kompeten

Para pengajar di TPQ Albata ini adalah para guru yang sudah disaring dari kampus-kampus pilihan, sehingga memiliki kualitas yang baik.



Di TPQ Albata terdapat 10 jenis kelas yang dapat dipilih, yaitu:

  1. Toddler Class Online
  2. Toddler Class Offline (Visit)
  3. Toddler Class Offline (Private/Home Visit)
  4. TPQ Kids Online Group
  5. TPQ Kids Online Private
  6. TPQ Kids Offline Private
  7. TPQ Teens Online Group
  8. TPQ Teens Online Private
  9. TPQ Teens Offline Private
  10. Kindergarten (TK) Offline
Kelas yang tersedia di Albata Islamic Montessori
Kelas yang tersedia di Albata Islamic Montessori



TPQ Kids Online Group

TPQ Kids Online Group di Albata Islamic Montessori
TPQ Kids Online Group di Albata Islamic Montessori




Kelas Online saat ini marak disukai oleh para pembelajar, di samping karena kendala jarak atau hal lain, kelas online menjadi lebih fleksibel karena dapat dilakukan dimana saja asalkan terhubung dengan internet. Hal ini juga menjadi pertimbangan saya karena Albata belum tersedia secara offline di kota tempat tinggal saya.

TPQ Kids Online Group di Albata sudah memiliki 7.220 murid yang terdaftar per bulan Maret 2023. Di kelas ini diperuntukkan untuk anak-anak di rentang usia 3 sampai 7 tahun. Dalam 1 bulan terdapat 8 kali jadwal pertemuan dengan durasi 40 menit di setiap pertemuan.

TPQ online ini tetap berjalan kondusif dan efektif karena hanya menerima maksimal 5 anak dalam 1 group dengan didampingi 1 pengajar. Tim pengajarnya merupakan ustadzah terbaik yang dipilih dari universitas ternama.

Media belajar online di kelas ini tidak menggunakan aplikasi zoom seperti pada umumnya, namun menggunakan aplikasi TalkCloud+ yang merupakan aplikasi khusus untuk edukasi atau pembelajaran yang kids friendly. Untuk biaya mengikuti kelas ini terhitung cukup terjangkau, yaitu Rp 199.000,00 per bulan.

Menurut saya dengan kurikulum yang baik, metode belajar fun learning yang disukai anak, dan dengan biaya yang cukup terjangkau, kelas ini cukup worth it untuk diikuti. Para orang tua yang telah mendaftarkan anaknya di Albata pun juga puas dengan kelas yang diikuti, berikut testimoninya:

“Alhamdulillah, setelah mengikuti Albata, anak saya jadi rajin Muroja’ah dan rajin berwudhu. InsyaAllah banyak ilmu dan manfaat yang didapatkan anak saya” - Orang tua Ghania Alesha

“Alhamdulillah anak saya jadi rajin mengaji dan menghafal surat pendek yang diajarkan di kelas”. - Orang tua Aysakiandra

Jadi makin yakin nih jika Albata Islamic Montessori ini merupakan pilihan yang tepat bagi orang tua untuk memberikan bekal ilmu agama Islam. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Albata Islamic Montessori, dapat datang langsung ke kantor Yayasan Pendidikan Islam Albata yang beralamatkan di Jalan Babatan Indah B 9 No. 1 Surabaya dengan nomor telpon 0811334436. Anda juga dapat mengikuti informasi di akun media sosial instagram @albata.id dan website resminya di www.albata.id
Related Posts
Newest Older

Related Posts

18 comments

  1. wah bisa jadi alternatif pilihan pendidikan buat anak ini. makasih infonya ya

    ReplyDelete
  2. Wah alternatif yang bagus nih buat yang mau belajar mengaji secara online dan offline.

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya bun 😍

    ReplyDelete
  4. Noted... buat referensi belajar anakQ yg blm sekolah nih

    ReplyDelete
  5. Pengin juga bisa ngikutin anak belajar ngaji online,,, cara daftarnya gimana bulik

    ReplyDelete
  6. Bagus nih TPQ nya semangaatπŸ”₯πŸ”₯😍

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah, bagus sekali untuk pendidikan anak usia dini,TPQ yang di rekomendasikan nih 😍

    ReplyDelete
  8. makasih bund infonya😍

    ReplyDelete
  9. Terimakasih infonya πŸ₯°

    ReplyDelete
  10. infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. masya Allah, terimakasih infonya bu, bermanfaat sekali πŸ™

    ReplyDelete
  12. TPQ nya fleksibel banget ya jadwalnya, bakal aku share nih ke temen temen

    ReplyDelete
  13. Keren , terima kasih infonya πŸ‘Œ

    ReplyDelete
  14. Terimakasih infonya 😍

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)