mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Review Berbagai Merek Semprotan Sakit Gigi yang Tersedia di Pasaran


semprotan-sakit-gigi-di-pasaran
Review Semprotan Sakit Gigi

Semprotan sakit gigi merupakan salah satu obat yang banyak digunakan untuk mengatasi nyeri gigi. Nyeri gigi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti karies gigi, gusi berdarah, atau infeksi gigi. Semprotan sakit gigi dapat membantu mengurangi nyeri gigi dan juga dapat mencegah infeksi gigi.

Ada berbagai macam merek semprotan sakit gigi yang tersedia di pasaran, seperti Cooling 5 Plus, Betadine Sore Throat Spray dan MOMAMI Sparkly Tooth Spray. Pilihan merek semprotan sakit gigi yang tersedia di pasaran sangat bervariasi, sehingga Anda dapat memilih merek yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Sederhana

Jika Anda merasakan sakit gigi, sebaiknya segera diberikan penanganan secepatnya, karena jika hanya dibiarkan dapat menimbulkan infeksi hingga komplikasi. Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan dirumah untuk meredakan sakit gigi, antara lain yaitu:
  1. Meminum obat sakit gigi, seperti ibuprofen, naproxen, aspirin dan acetaminophen.
  2. Berkumur air garam
  3. Berkumur dengan obat kumur antiseptik
  4. Mengompres dingin (menggunakan es batu/lap dingin) di daerah yang sakit
  5. Selain dengan beberapa cara yang disebutkan di atas, ada satu cara yang lebih praktis, yaitu menggunakan semprotan sakit gigi.

semprotan-sakit-gigi-di-pasaran-cara-mengatasi-sakitgigi
Tips Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Manfaat Semprotan Sakit Gigi

​Semprotan sakit gigi adalah salah satu solusi yang ditawarkan oleh dokter gigi untuk mengatasi nyeri gigi. Ini adalah bentuk penyemprotan yang dioleskan langsung ke daerah yang terkena nyeri. Semprotan sakit gigi biasanya dibuat dari benzocaine, lidocaine dan penyembuh lainnya seperti epinephrine.

Semprotan sakit gigi ini hadir sebagai pereda rasa sakit pada kerusakan gigi dalam level ringan. Dalam beberapa kasus, semprotan sakit gigi mungkin tidak efektif dan dokter gigi Anda mungkin akan merekomendasikan pembedahan atau pencabutan gigi. Sebelum menggunakan semprotan sakit gigi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda.

semprotan-sakit-gigi-di-pasaran-manfaat-semprotan-sakit-gigi
Manfaat Semprotan Sakit Gigi

Berikut adalah beberapa manfaat semprotan sakit gigi:

1. Penyediaan Anestesi Lokal
Anestesi lokal adalah komponen penting dalam mengobati nyeri gigi. Semprotan sakit gigi dapat memberikan efek anestesi yang cepat dan efektif. Ini akan membantu Anda untuk meringankan nyeri sebelum pembedahan atau pencabutan gigi.

2. Pengurangan Tekanan Pada Gigi
Semprotan sakit gigi juga dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada gigi. Jika Anda pernah mengalami food impaction atau impaksi makanan, maka penyemprotan ini akan sangat berguna. Penyemprotan ini akan membantu untuk melembutkan jaringan di sekitar gigi yang tersumbat sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkannya.

3. Membantu Dalam Pengobatan Telinga, Hidung, Tenggorokan
Semprotan sakit gigi juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit pada telinga, hidung, dan tenggorokan seperti ISPA, sinusitis, dan radang amandel. Penyemprotan ini akan membantu untuk meredakan peradangan dan nyeri pada amandel.

4. Melindungi Jaringan Gigi
Semprotan sakit gigi juga dapat digunakan untuk melindungi jaringan gigi. Jika Anda sering mengalami nyeri gigi, maka penyemprotan ini akan sangat berguna bagi Anda. Penyemprotan ini akan membantu untuk mencegah agar jaringan gigi tidak rusak dan membantu untuk mengurangi nyeri gigi.


Berbagai Merek Semprotan Sakit Gigi yang Tersedia di Pasaran

Saat ini, terdapat berbagai merek semprotan sakit gigi yang tersedia di pasaran. Kebanyakan dari merek-merek tersebut menawarkan manfaat yang sama, namun ada juga yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing merek sebelum memilih yang cocok untuk Anda.

Cooling 5 Plus Antiseptic Mouth Spray Orange Flavour

semprotan-sakit-gigi-di-pasaran-cooling5
Cooling 5 Plus Antiseptic Mouth Spray Orange Flavour

Merek pertama yang akan kita review adalah Cooling 5 Plus Antiseptic Mouth Spray Orange Flavour. Obat ini berfungsi untuk meredakan sakit pada radang gusi, sakit gigi, sakit tenggorokan, sariawan dan sakit karena pertumbuhan gigi.

Mengandung 2 bahan utama yaitu phenol dan benzocaine. Phenol memiliki manfaat sebagai antiseptik yang dapat membasmi kuman. Sedangkan benzocaine sebagai anestesi lokal atau bius lokal yang bekerja dengan menghambat sinyal saraf di gigi, gusi dan permukaan rongga mulut. Sehingga kedua bahan ini dapat mengurangi rasa sakit pada gigi, gusi dan sariawan.

Semprotan sakit gigi ini diklaim mampu bekerja tepat sasaran dan dapat dipakai oleh seluruh anggota keluarga yang berusia di atas 6 tahun. Produk ini dilarang untuk ditelan dan untuk wanita hamil atau menyusui, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum pemakaian.

Cara pemakaian Cooling 5 Plus ini cukup mudah, yaitu cukup semprotkan atau oleskan dalam jumlah sedikit pada area gusi atau gigi yang sakit. Dan dapat diulangi pemakaiannya selama 3-4 jam sekali jika diperlukan. Produk ini tidak disarankan dipakai dalam jangka waktu yang lama, jika sakit tidak kunjung sembuh, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Cooling 5 Plus Antiseptic Mouth Spray Orange Flavour di produksi oleh Novell Pharmaceutical Laboratories dan sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi DTL1833541735A1. Dikemas dalam botol semprot dengan isi 15ml dan masuk dalam golongan produk Obat Bebas Terbatas (biru). Harga jual produk ini cukup terjangkau yaitu antara Rp35.000 - Rp40.000 dan dapat mudah ditemukan di berbagai apotek dan e-commerce.

Betadine Throat Spray

Semprotan Sakit Gigi di Pasaran Betadine Throat Spray
Betadine Throat Spray - pic source: web betadine

Betadine Throat Spray ini merupakan antiseptik rongga mulut dan tenggorokan dalam kemasan spray yang mempunyai fungsi untuk mengobati sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak dan bau mulut/nafas tidak segar. Dengan kandungan Povidone Iodine 0.45% nya, ia diklaim aman jika tertelan dalam jumlah sedikit, namun jika tertelan dalam jumlah yang cukup banyak, diharapkan dapat segera menghubungi tenaga medis.

Cara pemakaiannya yaitu dengan semprotkan ke dalam rongga mulut dan keluarkan sisa cairan, dengan tidak perlu dibilas dengan berkumur. Dosis pemakaiannya yaitu hanya 1 kali semprot sebanyak 3 kali sehari. Produk ini kontraindikasi terhadap pasien yang memiliki alergi Povidone Iodine, pasien gangguan tiroid, ibu hamil dan menyusui dan pasien yang sedang menjalani terapi Hidrogen Peroksida.

Betadine Throat Spray ini di produksi oleh Mahakam Beta Farma dengan nomor registrasi BPOM DTI1950100291A1. Dikemas dalam botol spray 50ml, dan termasuk dalam golongan produk Obat bebas Terbatas (Biru). Produk ini sudah tersedia di apotek dan e-commerce dengan harga jual antara Rp135.000 - Rp160.000

MOMAMI Sparkly Tooth Spray

Momami Sparkling Tooth Spray - pic source web momami


MOMAMI Sparkly Tooth Spray adalah produk khusus untuk bayi dan anak-anak yang dapat melindungi enamel gigi dan menjaga gusi dari peradangan pada saat tahap pertumbuhan gigi anak, serta membantu menyegarkan nafas anak. Dengan kandungan Natural Xylitolnya yang mampu melindungi gigi berlubang dan mengurangi pertumbuhan bakteri pada gigi. Dan Organic Green tea Extract dan Chamomile Extract nya dapat mencegah penyakit gusi sekaligus menjaga kesegaran mulut. .

Dengan rasa buah anggur yang segar, produk ini diklaim aman jika tertelan, karena sudah food grade dan juga bisa dipakai mulai usia 6 bulan ke atas. Cara pemakaiannya cukup mudah, dengan disemprotkan pada gigi anak secara merata, setelah anak melakukan sikat gigi atau saat kondisi gigi anak sudah bersih, kemudian bilas dengan air jika perlu. Produk ini sudah memiliki sertifikat halal MUI dan terdaftar di BPOM. MOMAMI Sparkly Tooth Spray ini bisa didapatkan di apotek terdekat atau di e-commerce dengan kisaran harga Rp65.000 hingga Rp79.000.

Cara Pemakaian Semprotan Sakit Gigi yang Benar

​Ketika Anda menggunakan semprotan sakit gigi, sebaiknya Anda mengikuti petunjuk pemakaiannya terlebih dahulu agar obat dapat bekerja dengan optimal. Cara pemakaian semprotan sakit gigi yang benar adalah sebagai berikut:

1. Pastikan untuk mengecek expired date dari produk dan PAO (period after opening) dari produk, agar terjamin keamanan dan efektifitas produk.

2. Semprotkan semprotan sakit gigi pada bagian gigi yang terasa nyeri. Jangan semprotkan terlalu banyak, cukup semprotkan sedikit saja agar obat dapat bekerja dengan optimal.

3. Tunggu selama beberapa menit agar semprotan sakit gigi dapat menyerap dengan baik. Jangan menambahkan air atau makanan selama beberapa menit setelah Anda menggunakan semprotan sakit gigi.

4. Bilas mulut dengan air setelah beberapa menit. Anda bisa menambahkan sedikit air garam untuk membantu membersihkan mulut.

5. Jangan gunakan semprotan sakit gigi lebih dari 3 kali sehari. Selain itu, jangan gunakan semprotan sakit gigi lebih dari 7 hari berturut-turut. Jika Anda masih merasa nyeri setelah 7 hari, segera hubungi dokter.

Itulah cara pemakaian semprotan sakit gigi yang benar. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian dengan baik agar Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda masih merasa nyeri setelah 7 hari, segera hubungi dokter.

Conclusion

​Sakit gigi biasanya terjadi karena adanya bakteri yang menempel pada gigi dan rongga mulut. Bakteri ini akan menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi sehingga menimbulkan rasa nyeri yang sangat. 

Untuk menghindari sakit gigi, kita perlu melakukan beberapa hal seperti mencuci gigi setiap hari, menyikat gigi dengan baik, gunakan mouthwash dan jangan lupa selalu sedia semprotan sakit gigi di rumah.


Semprotan sakit gigi merupakan salah satu metode yang praktis untuk meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Setelah membaca review beberapa merek semprotan sakit gigi di atas, manakah yang terbaik? Jika melihat dari hasil pencarian, Cooling 5 Plus menjadi produk yang paling banyak dicari untuk produk semprotan sakit gigi. Kombinasi kandungan antiseptik dan juga anestesi lokal atau bius lokal, membuat Cooling 5 Plus ampuh untuk meredakan rasa sakit, karena kalau antiseptik saja tidak dapat menghilangkan rasa sakit. Selain itu, ketersediaan produk ini juga mudah dicari di apotek dan e-commerce dan harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan produk sejenis yang lain.






Related Posts

Related Posts

10 comments

  1. wah baru tahu saya ternyata ada semprotan untuk sakit gigi, saya kira cuma untuk pengharum mulut saja, nice info mbak, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Sejak punya anak aku sudah langganan sakit gigi. Padahal seumur-umur ga pernah sakit gigi, berlubang pun tidak. Tapi sekarang kayaknya aku sudah bersahabat dengan sakit gigi. AKu belum pernah pakai semprotan sakit gigi mbak. Aku pakai yang cara sederhana dengan bantuan ibuprofen hehe.

    ReplyDelete
  3. pas gigi nyeri, pas nemu artikel ini, otw apotek buat beli....

    ReplyDelete
  4. Gampang banget ya mom, nice info,thanks. 😍

    ReplyDelete
  5. Wajib punya semprotan gigi di rumah,buat jaga2 paksu kalau kambuh,,belinya di mana Bulik?

    ReplyDelete
  6. Aku pake cooling 5 beneran deh langsung enakan 🥰 terimakasih infonya maksay

    ReplyDelete
  7. Nice info mom, jadi lebih mudah atasi sakit gigi

    ReplyDelete
  8. makasih infonya, wajib punya nih buat pertolongan pertama atasi sakit gigi di rumah

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)