mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Yeay, Blog ku sudah TLD!


Domain Blog TLD


Yeay tanggal cantik yang ditunggu datang juga! Bukan belanja skincare dan baju loh. 11.11 jam 11.11 ini saya memang berniat membeli TLD untuk blog saya di salah satu penyedia jasa domain.


Saat ini saya masih mengikuti Coaching For Newbie , di minggu ini kami sedang masuk di materi membeli dan memasang TLD atau Top-Level Domain. Di grup whatsapp, para member berbagi info, penyedia jasa domain mana saja yang sedang mengadakan diskon.


Sebagai mamak-mamak pemburu diskon, mata saya pun berbinar, nggak mau melewatkan kesempatan ini. 😍


Mempunyai blog dengan custom domain TLD adalah salah satu keinginan yang ada di wishlist saya sejak lama. Dan alhamdulillah akhirnya terwujud.

Cara Menentukan Nama Blog TLD

Cara memilih nama domain
Memilih Nama Domain


Sebelum kita membeli domain, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan biar nggak nyesel nantinya, hehe.
  • Jangan terlalu panjang. Salah satu parameter SEO adalah panjang maksimal url adalah 75 karakter, dihitung dimulai dari huruf pertama di HTTPS.
  • Domain tidak mengandung angka dan strip, karena mudah naik spam scorenya.
  • Pilih domain yang unik, mudah diingat namun tidak alay.
  • Domain is your branding. Pikirkan masak-masak sebelum menentukan.

Nah itulah poin-poin yang perlu kita perhatikan sebelum kita menentukan untuk membeli domain TLD.


Saya sejak lama telah memiliki beberapa pilihan domain yang ingin saya pakai jika suatu saat saya membeli domain TLD.


Namun dengan beberapa pertimbangan akhirnya saya memakai nama saya sendiri, menjadi www.dwisumartini.com . Sebelum saya memutuskan, saya meminta pertimbangan suami saya, dan beliau setuju. Hehe.


Membeli Custom Domain


Bagi yang suka atau hobby belanja online di market place atau website, kemungkinan besar tidak akan bingung dengan proses transaksinya. Beberapa istilah yang dipakai tidak jauh berbeda.


Setelah saya menentukan nama domain yang akan saya pakai, saya membuka dulu tuh materi cara memasang TLD yang diberikan bu Guru saya. Saya baca sekilas dengan rasa kemrungsung, karena saya sedang melakukan persiapan ke luar kota bersama Andien, berdua saja. Materinya lengkap dan pastinya sangat membantu saya dalam proses ini.


Aku tuh deg-deg an banget, di satu sisi saya harus segera berangkat ke luar kota agar tidak terlambat, namun di satu sisi, saya takut tidak kebagian kuota diskon domain. Galau deh saya.


Dan pemirsa. Saya berangkat dari rumah jam 10.30 wib, aku makin khawatir. Perjalanan yang akan saya tempuh kira-kira adalah 1,5 jam.


Khawatirnya saya adalah bagaimana jika pas nggak pegang handphone, kalau pas nggak dapet sinyal gimana, kalo pas baterai lowbat. Banyak hal berkecamuk di pikiran. But show must go on. Saya tetap berangkat, dengan bismillah, semoga dimudahkan dan dilancarkan.


Dan benar saja, saat di perjalanan saya kelupaan. Saya baru tersadar di jam 11.45 wib. Kemudian langsung gercep melakukan transaksi di perjalanan.


Alhamdulillahnya saya masih kebagian kuota promo domain nya. Nama pilihan saya pun juga masih available.


Saya menyelesaikan proses pembelian sampai ke tahap payment. Namun tidak langsung saya setting, karena ada suatu acara yang harus saya datangi.


Saat pembayaran terkonfirmasi, saya nyicil ayem gitu. Alhamdulillah custom domain blog sudah di tangan. Akan saya setting besok waktu sudah di rumah.

Setting Domain TLD


Dua hari kemudian, saya sampai di rumah. Setelah beristirahat cukup, saya menyalakan PC saya dan memulai proses setting DNS.


Yang harus kita lakukan adalah memverifikasi domain kita terlebih dahulu melalui link yang telah dikirim ke email kita. Kita hanya perlu input email dan NIK.


Setelah itu kita login ke akun penyedia layanan dan masuk ke dashboard blog kita.


Di akun penyedia layanan ini kita melakukan setting DNS. Sebagai pemula, saya nggak sekali berhasil, haha.


Di dashboard blog kita setting alamat blog TLD di custom domain. Butuh 2 kali setting baru bisa tuh blog saya terdirect ke domain TLD saya.


Alhamdulillah proses membeli dan setting domain TLD sudah berhasil. Rasanya happy sekali, dapat memiliki alamat domain impian.


Pe-er nya adalah saya harus lebih konsisten menulis konten yang bermanfaat agar domain TLD ini tidak nganggur di isi sarang laba-laba. Hehe.

 

Penyedia Jasa Domain


Saya membeli domain ini di RumahWeb. Kenapa disini? Tidak ditempat lain?


Ada banyak pilihan sebenernya yang sedang promo. Saya memilih ini karena promo untuk domain .com nya lumayan murah. Saya masih konsisten menjadi mamak-mamak pecinta diskon. Hehe


Penyedia jasa domain yang menjadi topik pembicaraan temen-temen di grup wa antara lain niagahoster, dewa web, rumahweb dll.


Semua memilih sesuai dengan keinginan dan preferensi masing-masing. Semua sama-sama bagus kok. 


Domain .com


Kenapa saya memilih domain .com bukan .ID , .my.id , .net atau yang lain?


Domain .com ini adalah domain paling populer. Lebih dari 50% di dunia menggunakan domain.com.


Domain .com mudah diingat. Bagi kebanyakan orang jika mendengar kata website, yang terlintas adalah .com.


Domain .com ini SEO friendly. Karena cakupannya international dia akan lebih mudah muncul di mesin pencarian.


Domain .com ini pendaftarannya sangat mudah. Dokumen yang kita perlukan untuk verifikasi hanyalah NIK. Untuk domain dengan kode negara tertentu memerlukan dokumen lain untuk proses pendaftarannya.


Murah. Ini adalah yang terlintas di kepala saya pada saat checking nama domain yang akan saya pilih. Hehehe. Disini saya masih konsisten sebagai mamak-masak pecinta diskon. Hehe.


Jika sudah mempunyai domain .com apalah perlu saya membeli domain dengan nama saya dengan domain lain? Misal .net atau .ID


Sangat memungkinkan jika domain tersebut masih available alias belum dibeli oleh pihak lain. Membeli domain lain yang namanya sama atau mirip dengan domain website utama akan lebih menguntungkan, karena akan mempermudah direct ke website utama.


Wah, semoga saya punya rejeki ya, biar bisa punya domain lain selain .com .


Tetapi pepatah mengatakan, sebaik dan sebagus apapun nama domain anda, pastikan Anda mengelolanya dengan maksimal agar lebih bermanfaat. Hehe, jangan sampai blog udah TLD tapi masih malas nulis. Aduh semoga saya nggak gitu yaa.


 

Tahap awal proses


Alhamdulillah proses ini telah dilalui. Ini bukan akhir tujuan. Memiliki blog TLD adalah suatu awal baru bagi saya. Untuk lebih banyak belajar, lebih banyak menulis dan semoga saya bisa konsisten menjalaninya dan selalu mengingat lagi the big why saya ngeblog.Kalau Anda, pernah mengalami kegalauan saat memilih dan memasang domain nggak saat masih newbie? Share donk :)

Related Posts

Related Posts

8 comments

  1. Selamat, Mbak Dwi. Semoga ilmu pergendongannya semakin berkah. Aamiin. :)

    ReplyDelete
  2. D blik pemasangan TLD, pasti ada cerita hihi.

    ReplyDelete
  3. Wah selamat mbak udah berhasil pasang TLDnya!

    ReplyDelete
  4. Akhirnya punya domain, yeay. Selamat dan semangat ngeblog!

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, selamat mbak TLD nya sudah terpasang. Semoga kita semakin semangat membuat konten yang bermanfaat ya

    ReplyDelete
  6. Aku naksir template mu mba simpel banget

    ReplyDelete
  7. Wow.. selamat mbak Dwi, semoga makin semangat ngeblognya ya, dan makin semangat juga menebar inspirasi :D

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)