mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Belajar Mengenal Huruf

 

Andien Belajar Mengenal Huruf
Andien Belajar Mengenal Huruf

Andien, anak saya yang saat ini berusia 4 tahun lebih 2 bulan, sedang dalam masa pre-school. Andien lagi senang mempelajari hal baru, seperti belajar mengenal huruf, angka, hewan, tumbuhan dan segala hal yang dia temui setiap hari.


Dia memang sudah mengikuti playdate Montessori di salah satu Paud Montessori di kota kami. Berhubung masa pandemi gini sekolah libur kan yaa, jadi Andien belajar dirumah bareng mamanya dulu di rumah.


Pe-er banget nih buat mamanya untuk membuat jadwal belajar harian Andien. Mulai deh mamanya browsing tentang kegiatan belajar anak paud, ikut kulwap, webinar dan baca buku. Awalnya saya mengira ini akan menjadi sesuatu yang rumit dan susah. Tapi ternyata menyenangkan.


Mengenal Huruf

Saya mengenalkan Andien ke huruf dan Angka mungkin sudah sejak lama ya, namun sambil lalu aja, karena menurut saya, Andien waktu itu terlalu dini.


Awal Andien bersentuhan dengan huruf dan angka adalah dari buku. Ya, saya telah membelikan Andien buku bahkan sejak dia masih bayi, saya memberikan buku bantal, kemudian board book yang saya bacakan setiap ada kesempatan.


Saya menyadari Andien sudah siap berkenalan dengan huruf secara lebih intens, saat dia mulai sering menanyakan. “Mama ini baca nya apa ?”



Saat ada kesempatan, saya kemudian membelikan Andien poster huruf dan angka, agar dia semakin sering melihatnya. Kemudian saat ada rejeki saya belikan flashcard huruf dan kata.


Andien sangat menikmati proses perkenalannya dengan huruf dan angka. Dia menyukai kosakata baru yang dia temui. Saya pun jadi makin bersemangat menemaninya berproses.


Meskipun saya mempunyai jadwal belajar dan target pencapaian belajar Andien, namun saya tidak memaksakan Andien harus setiap hari dan harus berapa lama proses belajar ini. Di usia Andien yang sekarang ini, saya menyesuaikan keinginan Andien. Walau kadang ada proses tarik ulur dan membuat kesepakatan dengan Andien.


Hobi Jualan

Saya kebetulan mempunyai hobi berjualan online sejak dahulu masih gadis, hehe. Sekarang hobi yang menghasilkan income ini masih saya jalani.


Mungkin karena status saya sekarang adalah ibu beranak satu, jadi produk yang saya jual tidak jauh dari kebutuhan ibu dan anak, salah satunya adalah mainan edukasi.



Magnetic Recognize Words

 

Tampilan Produk Belajar Mengenal Huruf
Tampilan Produk

Magnetic Recognize Words, atau pengenalan angka magnetik ini adalah salah satu produk yang saya jual. Ini adalah produk impor dari China yang tanpa merek.


Waktu vendor menawarkan barang ini, saya otomatis berbinar. “Wah bisa buat Andien belajar nih”, hehehe. Dan benar saya memesan lebih dari orderan customer saya, untuk Andien.


Waktu barang datang ke rumah nih, yang paling bersemangat buat unboxing adalah Andien. Sebelumnya saya memang tidak memberitahu dia tentang ini, karena jika saya memberitahunya dahulu, dia akan mengingatnya dan menanyakannya berkali-kali sampai barang ini datang ke rumah. Padahal barang impor ini memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk sampai ke Indonesia. Jadi biar suprise aja deh, hehe.


Detail Produk

Detail Produk Belajar Mengenal Huruf

Di dalam kotak mainan edukasi ini berisi sebagai berikut:

  1. 26 pcs huruf kapital
  2. 26 pcs huruf kecil
  3. 20 pcs angka (2 kelompok 0-9)
  4. 5 simbol cuaca
  5. 7 simbol matematika
  6. 30 flashcards warna-warni dua sisi



Spesifikasi produk:

  • Kotak kaleng berukuran 17cm x 12 cm
  • Magnetic abc berukuran 2.4 cm x 2.1 cm
  • Bahan : magnet karet
  • Berat product keseluruhan 350 gram


Dalam promosi disebutkan bahwa produk ini mempunyai fungsi:

  1. Belajar ABC dan matematika
  2. Pengenalan huruf
  3. Permainan mengeja kata



Proses Andien Belajar


Hanya selang beberapa jam setelah barang ini sampai di rumah, Andien sudah meminta saya membukanya. Wah pas moodnya Andien lagi bagus nih, aku bikin videonya sekalian deh ! Ekh videonya sudah tayang di channel youtube kami Dwi Sumartini ya, silahkan mampir. 😍🙏


Untuk seusia Andien, ukuran permainan ini sangat pas lah nggak terlalu besar dan terlalu kecil, ini memudahkan dia untuk membereskan saat selesai mempergunakannya.


Kemasannya yang anak-anak banget membuat Andien merasa belajar rasa bermain, ini yang jadi poin saya memilih alat bantu belajar Andien, agar dia tetap enjoy belajar.

Hal yang pertama membuat Andien happy adalah “Kok ini menempel ma?” . Ya, magnetnya yang menarik perhatian Andien. Kemudian Andien tertarik dengan simbol cuaca nya, dia bersorak “Mama ada matahari, ada hujan!”.


Meski pada awalnya bukan huruf yang mencuri perhatian Andien, namun saat dia diarahkan dia menikmati juga proses belajar ini.


Proses belajar menggunakan Magnet Recognize Words ini saya mulai dengan mengurutkan seluruh huruf dan angka yang ada. Kemudian saya meminta Andien menyebutkan huruf sesuai abjad, beberapa Andien masih salah dan terbalik dalam menyebutkan huruf, namun nggak papa lah ya, namanya juga belajar.


Proses belajar selanjutnya saya meminta Andien untuk bernyanyi lagu A-B-C, dia pun bersemangat sekali menyanyikannya. Ekh setelah lagu selesai, dia malah mau nambah nyanyi A-B-C yang versi Bahasa Inggris, monggo lah Ndien. Semangat sekali dia!


Kami pun kembali melanjutkan belajar rasa bermain ini, saya meninta Andien untuk menulis namanya dengan menggunakan Magnet Words ini, dan dia berhasil ! Meski dia ada kesalahan dalam penyebutan D menjadi B. Hehe, nggak papa Ndien, kita belajar lagi.

“If children feel safe, they can take risks, ask questions, make mistakes, learn to trust, share their feelings, and grow.” ~ Alfie Kohn

Waktunya menggunakan flashcard nya nih. Saya meminta Andien mengeja huruf yang ada di flashcard yang saya tunjukkan. Di flashcard tersebut ada sebuah gambar, yang dibawahnya tertulis sebuah kata. Andien melakukannya dengan baik, Good Job Girl!


Sesi pertama pengenalan huruf menggunakan Magnetic Recognize Words ini cukup lancar, Alhamdulillah. Selanjutnya kami akan belajar mengenal angka di esok hari.


Belajar Menyenangkan


Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan adalah suatu keinginan saya dalam mengasuh Andien. Karena menurut saya, jika si anak ini happy dalam menjalani proses ini, akan semakin mudah dia menerima pelajaran yang dia hadapi.


Sebaliknya, jika proses belajar anak adalah sesuatu yang menjadi beban buat anak, si anak merasa dipaksa untuk mengerti, akan semakin sulit anak untuk menerima dan mempelajarinya secara sadar.


Saya sendiri mulai belajar, bahwa bermainnya anak-anak itu adalah kebutuhan dasar. Dalam bermain mereka akan belajar sesuatu hal yang mungkin menjadi pola dalam dia berfikir,


“Children learn as they play. Most importantly, in play children learn how to learn. ” ~ O. Fred Donaldson


Produk Magnet Recognize Words ini membantu saya dalam menemani Andien belajar mengenal huruf dan angka, yang akan menjadi pintu Andien dalam mengenal pengetahuan yang lebih luas nantinya. So parents, berikanlah anak-anak permainan yang tidak hanya membuatnya bahagia namun juga membuatnya belajar sesuatu. It is note to myself actually, hehe.


Related Posts

Related Posts

17 comments

  1. Lho, Andien seumuran Kinar, tho?
    Jadi penasaran sama produknya biar Kinar juga semangat mengenal huruf.

    ReplyDelete
  2. masya allah, anakku juga 4 tahun 2 bulan mbak. kalau anakku lagi belajar baca pakai buku Membaca Menyenangkan Ala Montessori. kalau di PAUD montessori itu pengenalan hurufnya dari metode fonik dulu kah mbak ?

    ReplyDelete
  3. Adik saya punya nih Magnet Recognize Words, seru memang saya perhatikan cara ponakan-ponakan bermain sambil belajar mengenal hurufnya

    ReplyDelete
  4. wah ini rekomen banget buat anak anak, jadi pengen rekomendasiin ke anak boss >< edukatif banget

    ReplyDelete
  5. eh, umur anak kita sama nih mbak, tapi duluan anak aku, hehe.. memang dengan mainan edukatif begini anak jadi lebih semangat belajar ya mbak. keren deh maiannnya.

    ReplyDelete
  6. Kebetulan banget aku juga lagi nyari2 nih metode belajar untuk pengenalan huruf pengen mulai ngajarin anak-anak baca. Makasih ya informasinya

    ReplyDelete
  7. Senang ya mom kalau si kecil nanya mama ini bacanya apa.. karna kita bisa jadi kasih ilmu pengetahuan baru buat dia

    ReplyDelete
  8. Ikutan seneng mbak pas Andien makin semangat belajar mengenali huruf. Mainan edukatifnya lucu banget, pengen beli tapi buat siapa? Kucing? hahaha. Boleh jadi pertimbangan nanti kalau sudah punya anak nih

    ReplyDelete
  9. yeay kalo diajak 'main' meski konsepnya belajar, anak emang paling antusias yaaa. belakangan saya juga lagi ngajarin anak baca, tapi per suku kata, seru juga ternyata. semoga tetep semangat bermain ya kak andien, salam kenal dari nahla

    ReplyDelete
  10. Paling asik memang bermain sambil belajar. wah saya jadi ada rekomendasi mainan lagi nih. Tapi belum saat ini karena anaknya masih 2 tahun dan saya biarkan main sambil lalu dulu saja.

    ReplyDelete
  11. Yeay dapat trik nih ngajarin anak membaca tapi mengasyikkan, kelak kalah anakku udh ckup umur pengen ajarin pake teknik ini

    ReplyDelete
  12. Cantiknya si Andien mbakkkk


    Asik ya belajar nya seru pake media media pembelajaran huruf yg kreatif. Kayaknya makin byk dan mudah aja didapat di pasaran ya mbak.

    ReplyDelete
  13. Mgkin sedikit masukan mba, klo belajar baca lebih enak dari ngenalin bunyi hurufnya, istilahnya fonik jdi saat baca lbih gampang

    ReplyDelete
  14. Bagus nih mom media belajarnya. Saran mom, video yutubnya di embed aja linknya di blog

    ReplyDelete
  15. Aku kalau ngajarin keponakan juga PR banget ini mengenalkan huruf mba, karena belum punya anak mainnya sama keponakan sambil belajar juga. Seru banget eksplore dan saling belajar.

    ReplyDelete
  16. Wah seumuran Affan nih. Tapi kok aku masih santuy ya.. wkwk. Bener2 anak kedua beda banget waktu ngasuh anak pertama. Anak kedua super santuy.. paling biasain deket dan suka buku aja sih.

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)