mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Staycation di The Westlake Resort Yogyakarta

Staycation The Westlake Resort Yogyakarta
Staycation di The Westlake Resort


Siapa sih yang kangen piknik? Kamu? Sama dong sama saya, hehe. Tanggal 18 September lalu saya ke The Westlake Resort Jogja untuk refreshing. Setelah survey online, tempat ini menjadi pilihan yang menurut saya sangat pas untuk staycation bersama keluarga.


Sejak bulan Maret 2020 saya yang biasanya jalan-jalan bareng keluarga, memilih stay at home. Bahkan untuk ke mall deket rumah aja jadi mikir, kalau enggak butuh dan penting banget, enggak deh. Setelah mulai masuk fase new-normal, kami mulai mencoba staycation di lokasi yang sebenarnya nggak jauh banget dari rumah.


Lokasi The Westlake Resort

Lokasi The Westlake Resort Yogyakarta
Lokasi The Westlake Resort Yogyakarta - Google Maps


The Westlake Resort berlokasi di Jalan Ringroad Barat (Jalan Siliwangi) Bedog, Trihanggo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau posisinya tidak dipinggir jalan utama, namun jalan menuju Resort sangat dekat dan nyaman dilalui kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil.

Dari rumah saya, yang berada di daerah Kledokan, Caturtunggal Depok Sleman, resort ini berjarak 12 kilometer, yang kami tempuh selama sekitar 20 menit menggunakan mobil pribadi dengan lalu lintas yang lumayan agak padat karena bersamaan dengan jam pulang kantor waktu itu di Hari Jumat.


Kami memilih rute tercepat yaitu melewati jalan ringroad utara yang langsung lurus saja ke ringroad barat, hanya satu kali melakukan putar balik sebelum memasuki lokasi tujuan.


Reservasi Kamar


Jaman sekarang proses reservasi sangat dimudahkan dengan banyaknya pilihan aplikasi di smartphone. Kita tinggal pilih hotel, pilih tanggal, pilih kamar dan cara pembayarannya. Semua dalam genggaman, praktis, hehe.


Saat staycation di The Westlake Resort saya melakukan reservasi melaluki aplikasi Traveloka. Alhamdulilah waktu itu pas banget ada kode promo, jadi dapet potongan harga deh.


Di The Westlake Resort ada beberapa pilihan kamar, yaitu:
  1. Deluxe Room
  2. Executive Room
  3. Family Room Garden View
  4. Family Room Lake View
  5. Suite Room
  6. Presidential Suite


Saat itu saya reservasi Family Room Lake View, untuk 2 kamar, dengan detail harga sebagai berikut.

Rate-kamar-family-lake-view
Reservasi Kamar

 

Reservasi via traveloka tanggal 15 september 2020 untuk menginap tanggal 18 september dan checkout tanggal 19 September 2020. Harga yang saya bayar sudah include breakfast untuk 2 kamar ya. Breakfast ini optional, boleh ambil boleh tidak saat reservasi, pastinya rate akan berbeda jika kita tidak mengambil item breakfast.
 

Seperti kita tahu, rate kamar hotel itu sangat fluktuatif yang disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: faktor ketersediaan kamar dan faktor permintaan musiman. Harga hotel akan berbeda jika dalam musim liburan (hari raya atau hari libur nasional) jika dibandingan dengan hari biasa.


Proses Check in

Sebelum memasuki area parkir The Westlake Resort, Anda akan melewati The Westlake Resto terlebih dahulu di sebelah kanan Anda. Sebuah Resto yang cukup terkenal juga di Yogyakarta dengan suasana, view dan menu yang sangat oke kalo menurut saya.


Saat tiba di area parkir, Anda akan langsung dapat melihat lobby yang cukup luas dengan interior kayu yang sangat keren. Saat sampai di lobby, Anda akan disambut oleh greeter dan akan dipersilahkan untuk melakukan proses checkin di meja resepsionis.


Proses checkin disini cukup cepat ya, saya hanya menunjukkan bukti reservasi saya di aplikasi Traveloka kemudian diminta menunjukkan ID Card, dan  menandatangani sebuah kuitansi. That’s it, simple sekali, nggak nyampe 5 menit, sudah selesai.


Setelah selesai dengan administrasi, kami dipersilahkan untuk mengambil welcome drink yang sudah disediakan, sambil menunggu shuttle car yang akan mengantar kami ke kamar. Yaps, kami diantar oleh shuttle car milik resort menuju kamar kami. Kami juga diperbolehkan menggunakan shuttle car ini sewaktu-waktu membutuhkan.


Shuttle-car-the-westlake-resort
Shuttle Car Yang Nganterin ke kamar

Jalan di the westlake resort
Jalan Menuju Kamar


Jadi, kamar-kamar di The Westlake Resort itu posisinya melingkari sebuah danau (lake) besar. Kebetulan kamar kami ada di ujung sana, kalau jalan kaki mungkin akan membuatku gobyos haha.


Family Lake View

Kamarku




Sesuai namanya, kamar kami menghadap ke sebuah danau besar, di setiap kamar disediakan balkon pribadi. Asik banget deh viewnya buat dinikmati sambil kasih makan ikan atau sambil ngopi. 


Viewnya sungguh keren deh, view menuju kamar, view dari dalam kamar juga bagus banget, tangannya gatel buat ambil foto terus pake handphone, hehe.

Lake view dari atas kasur


Di resort ini tersedia 8 kamar bertipe ini, dengan luas kamar sekitar 52 meter persegi, cukup luas jika bawa anak kecil ya. Kami memilih family room karena disediakan 2 bed di kamar tipe ini, 1 king bed dan 1 single bed. 

Kami memilih tipe ini karena kami membawa 3 bocil, 2 anak mbak saya, dan 1 anakku. hehe.

Ada 2 bed di family lake view room
Ada 2 bed di family lake view room


Kamar mandinya juga cukup luas, dengan fasilitas yang lengkap, seperti alat mandi dan hairdryer. Kamar mandinya bersih, cukup terang dengan penerangan lampu dan penerangan alami di salah satu sudut kamar mandi. Sukak deh, alami gimana gitu, hehe.


Fasilitas lain yang ada di dalam kamar tipe ini yaitu:

  • Sistem Kartu Kunci Elektronik
  • 42 ″ Televisi LED dengan Televisi Satelit Multi Channel
  • Remote AC Pribadi
  • Telepon
  • Fasilitas Pembuat Kopi dan Teh
  • Mini Bar
  • Kulkas
  • Safe Deposit Box
  • Akses Internet WiFi
  • Pengering Rambut
  • Handuk
  • Lemari pakaian
  • Meja kerja



Bagian yang paling saya suka di kamar ini adalah balkonnya, hehe. Balkon pribadi yang menghadap ke danau ini asyik banget dipake buat duduk-duduk di sofanya, sambil ngeteh/ngopi sambil memperhatikan anak-anak memberi makan ikan.

Coffee and sunrise at the the westlake resort yogyakarta
Ngopi sambil liat sunrise


Di setiap kamar di sediakan 2 bungkus pakan ikan, yang boleh dipergunakan dengan membayar biaya tambahan hanya sebesar Rp 10.000,00 per bungkus. Cukup murah untuk ukuran segitu. Anak-anak juga sangat happy dengan aktifitas memberi makan ikan yang jumlahnya sangat banyak dengan ukuran yang bervariasi, ada yang kecil, ada juga yang besar sekali.

Ikan-ikan di The Westlake Resort
Ikan-ikan di The Westlake Resort

lake view
View di sebelah kanan kamar


Dari balkon kamar saya, di sebelah kiri saya dapat melihat kolam renang yang letaknya di sebelah resto, saya dapat melihat deck area beserta perahunya, di sebelah kanan saya juga dapat melihat sebuah pulau kecil di tengah danau yang dihuni oleh beberapa ekor angsa.


Children Friendly


Banyak pertanyaan di whatsapp group komunitas saya, yang nyari “hotel mana ya children friendly?”. Banyak pilihan di Jogja, dan The Westlake Resort ini adalah salah satunya. Ada beberapa aktifitas outdoor yang bisa kita lakukan bersama anak-anak disini.

1. Bersepeda

Rent bike di the westlake resort yogya
Bersepeda di area resort


Di lobby tersedia beberapa jenis sepeda yang dapat disewa dengan tarif yang cukup murah. Kita bisa bersepeda di area resort yang asri, anak saya sangat menikmati kegiatan ini.


2. Berenang

swimmping pool di the westlake resort
Andien dan luna berenang


Kolam renang di resort ini ada di sebelah lounge dan resto, bernama Pasiraman Pool. Dari kolam renang kita dapat langsung memandang danau besar yang hanya berjarak beberapa centimeter dari tepi kolam renang. Jika membawa anak kecil, bisa bawa pelampung atau neck ring dari rumah.



3. Lake Tour

lake tour the westlake resort
Deck area dan lake tour


Di resort ini ada fasilitas lake tour. Disebelah resto resort ada sebuah telaga deck dan perahu kecil berwarna putih disisi deck.


4. Jogging

 

Jogging track the westlake resort yogya
Jogging Track The Westlake Resort

Di area resort terdapat jogging track yang dapat kita manfaatkan untuk berolahraga.



5. Memancing & Bebek Air di The Westlake Resto

Lokasi resort ini hanya berjarak 100 meter dari The Westlake Resto. Kami sempat kesana untuk makan malam di tanggal 18 September dan makan siang di tanggal 19 September. Kami hanya berjalan kaki dari resort, karena sangat dekat. Di The Westlake resto, disewakan alat pancing beserta umpannya. Jadi sambil menunggu makanan ready, kita bisa memancing disana, dengan sistem catch and release ya. Ekh iya, disini juga disewakan bebek ikan yang bisa kita gunakan memutari danau di restonya.



6. Fish Feeding

Ini sih yang jadi favorit anakku dan ponakanku, memberi makan ikan dari balkon kamar. Saking banyaknya ikan di danau, tiap kita menaburkan makanan ikan, ikan ikan pada berebut. Suaranya ikan yang berebut itu bikin anakku girang, kecipak kecipuk. Seru banget.



7. Permainan tradisional engklek

Permainan tradisional
Permainan Engklek


Nggak jauh dari kamar saya, ada area bermain engklek. Ya, engklek itu permainan tradisional yang dulu sering saya mainkan waktu kecil. Saat ini udah jarang ya, anak anak main ini. Saya jadi bisa mengenalkan permainan ini kepada Andien anak saya.



Tips staycation asik bersama anak di saat pandemi



Pandemi ini membuat saya yang juga seorang ibu menjadi selektif banget dalam memilih tempat untuk membawa anak-anak. Berikut saya share tips staycation bersama anak ala saya ya.



  • Pilih tempat yang children friendly


Saya selalu survey sebelum melakukan reservasi, saya cek apakah ada fasilitas yang dapat dipakai oleh anak-anak. Tujuannya biar anak nggak bosen di kamar aja nonton siaran televisi, namun bisa aktifitas diluar.



  • Jauh dari kerumunan/keramaian


Ini yang harus kita perhatiin sih di masa pandemi gini. Lokasi staycation kita baiknya jauh dari aktifitas kerumunan banyak orang. Saya memilih hotel/resort yang tidak terlalu berada di lokasi yang padat.


  • Booking dari jauh hari


Jika kita sudah menentukan tempatnya, baiknya tidak melakukan reservasi di hari-H. Lakukan reservasi dari beberapa hari sebelumnya, untuk memastikan ketersediaan kamar yang kita butuhkan. Dan biasanya nih, jika kita reservasi dari jauh hari itu bisa dapet harga yang lebih miring dibandingkan jika kita booking di hari-H.



  • Aktifitas outdoor


Pilihlah hotel/resort yang mempunyai area outdoor untuk kita beraktifitas secara aman dengan protokol kesehatan. Aktifitas ini selain menjadi sarana rekreasi juga menjadi sarana belajar anak-anak.



  • Reservasi diluar weekend/hari libur


Untuk menghindari padatnya pengunjung, kita bisa memilih waktu di weekday, dan menghindari akhir pekan, hari libur nasional atau hari raya. Di hari-hari tersebut biasanya permintaan akan suatu kamar hotel/resort biasanya meningkat, selain padat pengunjung, biasanya room rate nya juga naik.



Staycation sementara ini menjadi pilihan saya untuk melakukan penyegaran bersama keluarga di masa pandemi, namun dengan pertimbangan yang ketat, demi menjaga protokol kesehatan. Tips diatas saya terapkan saat saya akan melakukan reservasi di The Westlake Resort Yogyakarta. So, next kita mau staycation kemana lagi ya, ada rekomendasi?













Related Posts

Related Posts

7 comments

  1. Bisa jadi referensi kalo pas ke Jogja, nih.

    ReplyDelete
  2. Wow enak banget, rasanya kayak eksklusif 😍

    ReplyDelete
  3. Jogja selalu istimewa 😍 semoga akhir tahun bisa kesana 😊 terimakasih artikelnya Mba

    ReplyDelete
  4. Yogya memang selalu membuat kita ingin kembali, mudah-mudahan suatu saat bisa berkunjung kembali ke sana, termasuk ke westlake resort. aamiin

    ReplyDelete
  5. Nyaman banget ya liatnya.. Jadi rindu yogya.. Pengen banget kesana lagi

    ReplyDelete
  6. Kalau hanya main saja tanpa nginep, gak bisa ya?

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)