mwhiTlCDhthHJoVo910lbsjffCwCMBKvc9LkqUK1

Tips Memilih Gendongan Bayi

Tips memilih gendongan
Gendongan Bayi



Sebagai babywearing educator, saya sering sekali mendapatkan pertanyaan, “Gendongan yang bagaimana sih yang aman dan nyaman untuk bayi saya?”


Menggendong adalah suatu tradisi turun temurun dari nenek moyang kita, selain itu menggendong adalah kebutuhan alamiah seorang anak manusia. Dahulu kala di Jawa, khususnya tempat kelahiran saya, Yogyakarta, cara menggendong bayi itu hanya menggunakan selendang jarik.


Dalam ilmu babywearing sendiri selendang jarik ini dapat dioptimalkan dengan beberapa teknik agar dapat tetap aman dan nyaman dalam menggendong bayi. Ada teknik simpul jangkar (slipknot), flat reef knot dan simple hip carry (double knot). Dengan mengggunakan teknik-teknik ini menggendong anak menggunakan selendang jarik tetap terasa aman dan nyaman.


Semakin hari, semakin banyak produsen gendongan atau babycarrier bermunculan di dalam dan luar negeri. Masing-masing produsen menawarkan bermacam jenis gendongan dengan beragam fitur, motif dan harga.

Saking banyaknya produk baru, banyak orang tua yang bingung untuk menentukan, “Gendongan yang mana yang sebaiknya saya beli?


Sebenarnya tidak ada jawaban benar atau salah, tidak ada satu jawaban dari pertanyaan ini yang berlaku untuk semua orang. Dikarenakan setiap orang tua pastinya memiliki pertimbangan masing-masing tergantung dari kebutuhannya. 

 

Yang akan saya share disini adalah pengalaman saya yang semoga dapat membantu anda mempersempit pilihan diantara banyaknya pilihan yang ada.


Kriteria Obyektif Untuk Memilih Gendongan


  • Safety/Keamanan

Gendongan yang kita pilih sebaiknya aman (untuk anak dan penggendong), kain gendongan pas dengan punggung bayi, sehingga tulang belakang tersupport dengan baik sehingga dapat tersangga dengan posisi yang alami.


Dalam dunia babywearing ada indikator dalam menilai keamanan dalam menggendong, yang terangkum dalam infografis berikut.


Tips memilih gendongan secara safety
Safety Babywearing ABC


TICKS SAFETY BABYWEARING
Ticks Safety babywearing


  • Mendukung posisi spread-squat


apakah gendongan memungkinkan kaki bayi untuk mengadopsi posisi spread-squat, menempatkan sendi panggul ke posisi yang benar dan memungkinkan posisi knee to knee, dan menjamin bahwa lutut bayi tetap pada ketinggian pusar ketika bayi dalam kondisi relaksasi.



posisi spread squat
posisi spread squat

  • Hands-free

Apakah gendongan memungkinkan penggendong untuk mendistribusikan berat bayi secara merata? Sehingga gendongan lebih nyaman dan memungkinkan orang tua untuk menikmati momen menggendong bayi mereka.


Tips Spesifik Memilih Gendongan Bayi

 

Dalam memilih gendongan bayi, beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan yaitu:

  • Berapakah usia bayi/anak yang akan digendong?


Hal ini menjadi penting karena berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan saat dipakai. Setiap gendongan memiliki peruntukan mulai usia berapa bayi/anak diperbolehkan memakainya.


Setiap produk gendongan biasanya disertai dengan manual book atau buku panduan pemakai. Kita bisa mulai dari sana jika kita sama sekali belum tahu atau belum pernah memakai suatu gendongan tertentu.


Ada jenis gendongan yang bisa dipakai newborn, seperti stretchy wrap, ringsling, woven wrap atau adjustable ssc (ssc yang bisa disetting ukuran body panelnya).


Namun ada jenis gendongan yang dipakai saat bayi/anak mencapai milestone atau sudah berusia tertentu, seperti ssc standart size yang disarankan dipakai saat bayi sudah mempunya kontrol kepala dengan baik, sekitar usia 4 bulan. Dan ada juga ssc toddler yang bisa dipakai saat anak memasuki usia toddler.


Ada juga gendongan yang dapat dipakai sejak newborn sampai toddler, yaitu woven wrap, meh dai, ringsling, selendang jarik dan adjustable ssc.

Gendongan sesuai usia
Gendongan sesuai usia



Kita pilih gendongan sesuai dengan milestone pertumbuhan anak. Hindari memaksakan anak untuk memakai gendongan yang melebihi dari usia/milestonenya. Selain ini tidak nyaman bagi bayi/anak dan penggendongnya, hal ini juga berbahaya.


Kita memilih gendongan mengikuti milestone bayi, bukan bayi/anak yang mengikuti keinginan kita.



  • Untuk keperluan apa dan berapa lama gendongan akan dipergunakan?

Hal ini perlu menjadi pertimbangan untuk kenyamanan anak dan penggendong. Seperti kita ketahui, gendongan ada yang bertumpu di satu sisi bahu dan ada yang tersebar ke 2 titik tumpuan bahu.


Jika anda sering membutuhkan gendongan untuk durasi yang lama, misalkan untuk jalan-jalan jauh, anda bisa memilih jenis ssc, woven wrap ataupun meh dai.


Jika anak anda sudah memasuki fase naik turun gendongan, sehingga anda sering memakai dan melepas gendongan dalam waktu singkat,anda bisa mempertimbangkan penggunaan ringsling atau pouch.


  • Siapa yang akan memakai

Apakah anda sendiri yang akan menggunakan gendongan tersebut, ataukah anda akan bergantian memakai dengan suami atau pengasuh.


Ada gendongan yang bisa diatur ukurannya mengikuti ukuran tubuh penggendong, seperti ringsling, ssc, mehdai, woven wrap atau selendang jarik.


Namun ada juga gendongan yang ukurannya statis untuk ukuran tubuh tertentu, misalkan pouch dan geos. Pouch dan geos ini akan berfungsi dengan optimal, aman dan nyaman dipakai jika penggendong menggunakan size yang tepat. Jika penggendong menggunakan size yang kekecilan ataupun kedodoran, keamanan dan kenyamanan tidak tercapai.



  • Kemudahan Pemakaian

Apakah anda termasuk orang tua yang menginginkan gendongan itu mudah dipergunakan, atau anda termasuk orang tua yang menyukai eksplorasi dalam penggunaan gendongan.


Jika anda adalah yang menyukai sesuatu yang simple dan praktis dalam menggendong, anda bisa memilih ringsling, ssc, geos dan pouch.


Jika anda suka dengan tantangan dan suka eksplorasi, anda bisa memilih woven wrap atau meh dai, yang memerlukan sedikit effort untuk memahami proses pemakaian dan tekniknya.

  • Fitur dan fleksibilitas

Masing-masing jenis gendongan memiliki fitur yang berbeda. Anda bisa membandingan, apakah gendongan pilihan anda mempunyai fitur yang anda butuhkan? Apakah gendongan yang anda pilih sesuai dengan keinginan anda untuk menggendong dengan berbagai posisi?



  • Bahan

Anda bisa memilih bahan yang sesuai dengan iklim yang sesuai tempat tinggal anda. Bisa memilih bahan yang menyerap keringat dan breathable untuk iklim yang tropis, bisa memilih bahan yang tebal dan hangat untuk iklim yang dingin.



  • Adaptability

Apakah anda menginginkan gendongan yang bisa anda pakai di fase bayi tertentu dan akan mengupgrade size seiring tumbuh kembang anak anda? Ataukan anda ingin membeli satu gendongan yang akan anda pakai dari bayi hingga toddler?


  • Appearance


Last but not least adalah tentang penampilan. Apakah anda suka desain dan motifnya? Apakah anda bahagia memakainya?

 

There's no best babycarrier, only one is the best for you

Ya, tidak ada yang namanya gendongan yang terbaik untuk semua orang, tidak ada satu gendongan yang cocok untuk semua orang, yang ada hanya gendongan yang cocok untuk masing-masing orang tua. 


Setiap orang tua memiliki kebutuhan, preferensi, dan proporsi yang berbeda. Kebanyakan dari teman-teman memulai membeli satu gendongan, kemudian beralih ke jenis gendongan lain saat anak mulai tumbuh besar.

Sebelum memutuskan membeli, selain mempertimbangkan poin-poin yang saya tulis diatas, juga dapat meminjam gendongan milik teman atau bergabung dengan pertemuan komunitas babywearing terdekat, untuk mencoba library yang tersedia.

 

Semoga tips memilih gendongan bayi yang saya tulis disini dapat membantu anda menentukan gendongan untuk bayi anda. Apapun gendongan yang dipakai pastikan memakainya sesuai dengan peruntukan dan memperhatikan safety/keamanan dalam menggendong, sehingga manfaat dari babywearing dapat dirasakan secara optimal oleh bayi dan penggendong. Selamat menggendong dengan penuh cinta 😘


Related Posts

Related Posts

9 comments

  1. Tips penting nih untuk sepupuku yang baru punya baby

    ReplyDelete
  2. Semenjak dapat tutorial simpul untuk jarik, aku jadi makin cinta sama jarik buat gendong wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Betul banget Kakak. Posisi bayi dalam gendongan memang harus baik, berpengaruh pada bentuk fisiknya kelak

    ReplyDelete
  4. Nah, ini item must have dalam persalinanku nanti. Emang kadang Akupun bingung pilih gendongan jenis apa untuk bayiku. Kadang lebih banyak tergoda selebgram juga padahal minim ilmu wkwk. Dari sini aku tahu gendongan seperti apa yang harus aku beli nantinya. Thank kak

    ReplyDelete
  5. Dari zaman punya baby memang paling nyaman pake jarik. Ternyata metode menggendong ini banyak ya.

    ReplyDelete
  6. memang nggak boleh sembarangan milih gendongan bayi ya mbak. nggak cuma nyaman buat anak, tapi harus nyaman juga buat yang gendong.

    ReplyDelete
  7. Kemarin2 juga pas isya masih di gendong pakai carrier ngga pernah ganti2 gendongan saking nyamannya.. Hihi cuci kering pakai terus

    ReplyDelete
  8. Saya biasa pake gendongan kain kak, di ajarin ibu itu juga. Tapi kelemahannya pegal di pundak. Jadi beralih ke gendongan yang ada ringnya

    ReplyDelete
Terimakasih sudah berkenan mampir di halaman kami. Ditunggu celotehnya di kolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya :)